Dosen Pendidikan Ekonomi Mengikuti Pelatihan Applikasi Turnitin yang Diselenggarakan Yayasan Sasmita Jaya

img_20180801_094319

Pamulang, Yayasan Sasamita Jaya mengadakan pelatihan applikasi anti plagiarism Turnitin. Pelatihan berlangsung di  ruang rapat VIP Kampus UNPAM Pusat yang berada di Jl. Surya Kencana No.1, Pamulang, pada Rabu, 1 Agustus 2018. Peserta pelatihan merupakan perwakilan dari semua program studi yang ada di Universitas Pamulang. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran dosen dalam meminimalis plagiarism karena dapat menimbulkan masalah bagi jenjang karir dosen kedepannya.

Kegiatan pelatihan di buka oleh Dr. Subarto, M.Pd selaku Wakil Rektor II Universitas Pamulang. Dalam sambutannya, beliau mengatakan “Program Turnitin merupakan program berbayar yang dipakai Universitas Pamulang kedepan untuk mengantisipasi plagiat karena Turnitin dipakai sebagai pendeteksi “indeks kemiripan (similarity index)” pada naskah artikel”.

img_20180801_100510_hdr1Pelatihan ini dipimpin oleh Ibu Frida Tri Ekaputri sebagai pemateri pelatihan Turnitin dosen. Beliau memandu peserta menggunakan applikasi  Turnitin yang meilputi bagaimana mengakses Turnitin, membuat akun Turnitin, mendefinisikan class, membuat assignment, dan mengunggah karya ilmiah ke akun Turnitin. Selanjutnya peserta pelatihan juga dilatih memahami dan mengetahui “similarity index” karya ilmiah yang sudah diunggah pada akun Turnitin.

Heri Indra Gunawan, S.Pd., M.Pd selaku perwakilan dosen dari Program Studi Pendidikan Ekonomi mengatakan bahwa “Pelatihan ini akan menunjang tingkat kemahiran dosen UNPAM dalam menyusun karya ilmiah yang akhirnya akan berdampak pada kualitas dan kuantitas karya ilmiah yang dihasilkan para dosen UNPAM”.

Semoga kedepannya applikasi Turnitin juga dipakai untuk mahasiswa yang akan melaksanakan sidang skripsi, yang harapannya mahasiswa juga berlatih untuk menghargai hak cipta dan meminimalkan plagiat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *