Pendidikan Ekonomi Adakan Temu Alumni dan Workshop

img_20180823_104115

Pamulang, Pendidikan Ekonomi mengadakan temu alumni dan workshop mengenai kewirausahaan. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2018 di kampus UNPAM Viktor lantai empat. Kegiatan ini ditujukan bagi para alumni pendidikan ekonomi untuk meniti karir lebih luas dengan berwirausaha diusia muda. Tema temu alumni dan workshop ini ialah¬†“Kiat Menjadi Wirausaha Sukses di Usia Muda”. Materi ini berisi mengenai penanaman jiwa kewirausahaan, kreativitas, inovasi, percaya diri dan tidak mudah menyerah.

img_20180823_104142H. M Yusuf Sunaryo, S.E., M.M selaku narasumber workshop, merupakan dosen pendidikan ekonomi UNPAM yang sangat dekat dengan para mahasiswa karena beliau selalu memberikan arahan dan motivasi untuk terus dan terus berwirausaha, meniti karir dan usaha di usia muda. Beliau juga owner dari Langgeng Sari sebuah perusahaan roti yang kini semakin maju dan sudah membuka beberapa cabang di daerah Jakarta. Hal ini yang menjadi daya tarik bagi alumni untuk merintis karir dan menyerap ilmu dari beliau.

Dalam pemaparannya, beliau banyak memberikan pelajaran dan inshigt baru yang tentunya didapatkan para peserta workshop, misalnya pembahasan mengenai inovasi-inovasi dalam berwira usaha harus mengedepankan ide-ide kreatif  yang memiliki nilai untuk bisa dijadikan bahan berwirausaha. Selain itu beliau juga memaparkan tips dan trik mengenai wirausaha, tips dan trik ini diambil berdasarkan pengalaman langsung dari beliau.

img_20180823_122154
Selain itu ada beberapa rumus dan kiat untuk mengelola keuangan, beliau memaparkan bahwa ada alokasi dari pendapatan yang didapatkan harus mengedepankan rumus 40:30:30. Jika di deskripsikan maka 40% untuk biaya hidup, 30% untuk menyicil utang aset produktif (cicilan tanah, rumah, dll) jangan untuk konsumtif, 30% untuk menabung dan sebagian untuk bersedekah semampunya.

screenshot_2018-08-23-12-21-19-018_com-instagram-androidBeliau juga mengatakan bahwa “Ukuran sukses dalam usaha ialah anggaplah uang itu bagaikan kotoran untuk menghindari kecurangan, tipu-tipu, sahabat, mitra suplier, perbankan dan lain-lain”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *