Pendidikan Ekonomi adakan Uji Kompetensi SKPI

3-uji-kompetensi

Pamulang, Persaingan kerja di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dewasa ini menjadi semakin ketat. Dibutuhkan strategi dan inovasi-inovasi dalam memenangkan persaingan tersebut. Salah satu inovasi bidang pendidikan di jenjang perguruan tinggi ialah adanya Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), sehingga setelah lulus para mahasiswa tidak hanya membawa ijazah saja namun mengantongi sertifikat profesi, supaya kompetensi lulusan dapat diakui di dunia kerja. Karena kita tahu, bahwa tidak ada instansi yang gambling dalam merekrut tenaga kerjanya termasuk juga di dunia pendidikan. Para lulusan berkompetisi dan berlomba-lomba memenangkan pekerjaan yang mereka inginkan.

Atas dasar itulah Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang mengadakan inovasi serupa yakni uji kompetensi SKPI yang di laksanakan pada tanggal 20 hingga 21 September 2018 yang diikuti oleh 20 mahasiswa semester atas dan beberapa alumni. Acara ini dilaksanakan di kampus Unpam III Viktor, ruang 456 lantai 4. Uji kompetensi ini bekerjasama dengan LSP VIT yang diinstrukturi oleh bapak Jodi.

5-uji-kompetensiAcara ini dibagi ke dalam dua tahap yakni tahap pelatihan yang dilaksanakan pada 20 September 2018, serta tahap uji kompetensi yang dilaksanakan tanggal 21 September 2018. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini ialah untuk mengetahui tingkat kompetensi mahasiswa yang nantinya para peserta akan mendapatkan SKPI yang dapat digunakan para lulusan untuk melengkapi ijazah saat melamar pekerjaan.

Dosen pendamping Prodi Purwati Yuni Rahayu, S.Pd., M.Pd mengatakan, “untuk mendapatkan sertifikat kompetensi pendidikan ekonomi ini, peserta harus mengikuti beberapa tahap. Seperti, tahap perencanaan, kemudian dilanjutkan dengan tahap penyampaian materi dan tahap pelatihan, selanjutnya baru dilaksanakan uji kompetensi pada hari akhirnya.”

4-uji-kompetensiSemoga inovasi ini akan memperkuat kualitas lulusan Pendidikan Ekonomi Unpam dalam berkompetisi dengan lulusan universitas lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *