“Berbagi Buku Berbagi Ilmu” Antara Pengabdian dan Harapan

img-20181113-wa0008

Pamulang, Pengabdian kepada masyarakat merupakan suatu bidang yang harus dilaksanakan dalam program Tridharma Perguruan Tinggi. Pelaksanaan program ini tentunya didasarkan atas harapan bahwa semua civitas akademika yang nantinya telah lulus mampu membangun masyarakat dengan disiplin ilmu yang telah diperolehnya.
Kontribusi nyata dalam mewujudkan cita-cita tersebut direalisasikan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unpam yang telah menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Taman Baca Lestari Kampung Lengkongbarang Desa Iwul Kecamatan Parung Bogor.

Pengabdian Kepada Masyarakat di Taman Baca Lestari dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 11 November 2018. Pengabdian ini mengangkat tema mengenai “Berbagi Buku Berbagi Ilmu” dengan judul “Membangun Budaya Literasi dan Menumbuhkan Jiwa Enterpreneur”. Konsep dari terlaksananya pengabdian ini didasarkan atas Program Kerja Hima Pendidikan Ekonomi divisi Pengabdian Kepada Masayarkat yang kemudian pihak dosen dan Hima bersinergi dalam pelaksanaan pengabdian di Taman Baca Lestari.

img-20181113-wa0002
Latar belakang pelaksanaan PKM ini didasarkan atas fenomena dan realita yang terjadi di negara kita tercinta ini, banyak sekali masalah yang terjadi mulai dari krisis multidimensi, krisis moral, krisis dedikasi, krisis akhlaq, krisis ekonomi, hingga krisis budaya literasi, dan krisis-krisis lainnya. Ditambah dengan surfei yang dilakukan oleh UNESCO (sebauah organisasi yang menaungi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan). Hasilnya mengejutkan bahwasanya indeks membaca bangsa Indonesia hanya 0,001. Hal ini bermakna bahwa antara 1.000 orang, hanya satu orang saja yang membaca buku dengan serius. Akibatnya Indonesia berada di posisi 60 dari 61 negara dengan indeks minat baca terendah. Tentunya hal ini menjadi kabar duka bagi bangsa kita tercinta ini. Akibatnya masyarakat kita mudah sekali percaya pada kabar hoax yang beredar. Hal ini dipengaruhi juga oleh tingkat berfikir kritis masyarakat yang rendah. Atas dasar itulah Prodi Pendidikan Ekonomi bekerjasama dengan HIMA Pendidikan Ekonomi Unpam tergugah untuk mengadakan PKM di Taman Baca Lestari.

img-20181113-wa0031Taman Baca Lestari merupakan sebuah taman baca yang baru berdiri di Kampung Lengkongbarang atas gagasan dan inisiatif dari masyarakat sekitar. Seperti yang dikatakan oleh Ketua Taman baca Lestari bahwa beliau mengatakan “ Kami mewadahi dan memberikan layanan berupa taman baca yang kami kelola untuk masyarakat supaya kesadaran dan minat membaca tinggi, harapannya masyarakat yang ada di Kampung Lengkongbarang memiliki pengetahuan yang lebih luas, hal ini juga harus didukung pihak orangtua dari anak-anak yang juga harus mensuport taman baca ini.

Pengabdian ini dihadiri kurang lebih 50 warga dari Kampung Lengkongbarang yang terdiri dari anak-anak, ibu-ibu dan bapak-bapak, dan 20 dari Hima serta 10 orang dosen Pendidikan Ekonomi. Materi mengenai budaya literasi dan motivasi dibawakan oleh bapak Mochammad Firdaus, S.S., M.A., yang kemudian dilanjutkan dengan acara HIMA yakni membuat kerajinan bunga dari plastik bekas untuk bapak ibu yang hadir serta lomba mewarnai bagi anak-anak.

img-20181113-wa0029Sebagai Pemateri dalam menumbuhkan budaya literasi Bapak Mochammad Firdaus mengatakan “Acara ini sungguh dapat menginspirasi masyarakat dalam rangka mengelola dan menanamkan budaya literasi yang belum membudaya di negara kita. Karena dengan mencintai membaca generasi penerus akan terselamatkan dalam menjaga cita-cita bangsa Indonesia kedepannya”.

img-20181111-wa0011Berkat kerjasama dari berbagai pihak khususnya Hima Pendidikan Ekonomi dan Dosen Pendidikan Ekonomi terkumpul sejumlah 200 buku bacaan dan 50 tas sekolah beserta alat tulis menulis serta biskuit yang ikut diberikan dalam acara PKM di Taman Baca Lestari ini. Semoga dengan adanya PKM ini masyarakat semakin gemar membaca dan harapannya tingkat membaca masyarakat Indonesia menjadi meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *