Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan Prodi Pendidikan Ekonomi Tahun Ajaran 2018/2019

img-20190121-wa0074

Pamulang, 19 Januari 2019. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu usaha dan upaya yang terintergrasi dengan kurikulum Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang untuk menghasilkan kualitas lulusan yang mumpuni dan memiliki daya saing unggul khususnya dalam mencetak calon guru yang professional. PPL dilakukan secara berkala bagi mahasiswa semester VIII yang rencananya akan diterjunkan di 30 sekolah di daerah Tangerang Selatan, Depok, dan sekitarnya.

Pembekalan PPL ini berlangsung di lantai 8 kampus dua Unpam Viktor yang berlangsung pukul 13.00-14.30 WIB, dengan jumlah peserta sebanyak 130 mahasiswa/i Prodi Pendidikan Ekonomi dari semester VIII dan segenap dosen pembimbing PPL yang terdiri dari 12 dosen pembimbing. Tujuan pembekalan ini tak lain ialah sebagai salah satu penanaman nilai-nilai dan kode etik keguruan bagi mahasiswa praktikan.
img-20190121-wa0073
Pembekalan ini diisi langsung oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. E Nurzaman, AM, M.M., M.Si. yang memberikan materi mengenai persiapan tenaga pendidik dalam menghadapi revolusi industry 4.0 sesuai tema pembekalan PPL ini yakni “Menyiapkan Guru Yang Kompeten Dan Berkarakter Dalam Rangka Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi Saiful Anwar, S.Pd., S.E., M.Pd juga mengatakan dalam sambutannya bahwa mahasiswa praktikan harus dan harus menjaga nama baik almamater Prodi Pendidikan Ekonomi di sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik, karena Prodi Pendidikan Ekonomi terkenal baik di sekolah-sekolah praktik, maka dari itu sudah sepatutnya kita semua menjaga trend positif ini di sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik.

img-20190121-wa0075Koordinator PPL Badrus Sholeh, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa Pembekalan PPL ini merupakan rangkaian dari program pemantapan PPL yang berlangsung selama 3 hari yang tujuannya untuk memantapkan mahasiswa/I dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan, dalam pemantapan yang berlangsung tiga hari tersebut mahasiswa praktikan diberikan materi seputar perencanaan pengajaran, kemampuan dasar mengajar, evaluasi, penyusunan laporan PPL, dan lain sebagainya.

Berdasarkan seluruh rangkaian persiapan PPL ini diharapkan mahaiswa praktikan siap untuk diterjunkan dan ikut serta dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa. Dengan mengkombinasikan ilmu-ilmu mengenai pendidikan dan ilmu mengenai ekonomi. Selamat berjuang dan sukses selalu untuk mahasiswa yang sedang melaksanakan PPL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *