Pendidikan Ekonomi Sabet Empat Medali Di Ajang Pencaksilat Tingkat Nasional dan Internasional Turnamen Jakarta Selatan Open Championship (JSOC) 2019

img_20190226_221842

Pamulang, Pencak silat memang sedang menjadi buah bibir di dunia olahraga Indonesia. Karena pencapaian yang fantastis saat Asian Games 2018 berlangsung, Indonesia menyabet juara umum dan menempati posisi puncak klasemen pencaksilat dunia. Hal ini tidak terlepas bahwa pencaksilat merupakan olahraga dan kesenian asli yang lahir di nusantara, yang kemudian dipertandingkan dalam cabang olahraga saat Asian Games Jakarta Palembang tahun 2018.

img_20190226_221655
Torehan baik juga di lalui oleh Universitas Pamulang, khususnya prodi Pendidikan Ekonomi yang mengirimkan empat mahasiswanya untuk bertarung merebut tahta tertinggi dalam ajang bergengsi di cabang pencak silat. Keempat atlit dari Prodi Pendidikan Ekonomi mengikuti ajang Kejuaraan Pencak Silat Tanding dan TGR Tingkat Nasional dan Internasional dalam turnamen Jakarta Selatan Open Championship (JSOC) 2019 di gedung olahraga Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
img_20190226_221635JSOC berlangsung pada tanggal 18-20 Januari 2019. Dimana sistim pertandingan pencak silat memakai sistim gugur yang berarti siapa yang kalah dalam bertanding sudah tidak berhak mengikuti pertandingan selanjutnya hingga sampai final. Beruntung keempat atlit yang dikirimkan oleh Prodi Pendidikan Ekonomi pulang dengan hasil yang memuaskan. Meskipun tidak ada yang menjadi juara satu dalam turnamen JSOC ini, namun keempat mahasiswa Pendidikan Ekonomi tidak pulang dengan tangan kosong. Keempat atlit ini meraih hasil yang memuaskan yakni meraih empat medali, sehingga masing-masing atlit membawa medali meskipun berbeda-beda perolehannya.

img_20190226_221557Keempat atlit tersebut diwakili oleh Aprilia Rahmawati yang memperoleh medali perunggu menempati juara III di cabang pencak silat putri, Ridha Mardiah yang memperoleh medali perak mendapatkan juara II pencak silat putri, dan Isanur Fikri serta Asep Hermawan yang memperoleh medali perak di cabang pencaksilat putra. Meskipun Prodi Pendidikan Ekonomi baru mengikuti ajang pencak silat di turnamen JSOC 2019, namun torehan ini menjadi modal penting untuk kedepannya dapat lebih baik lagi dalam perolehan prestasi.

img_20190226_221619Hal ini juga diapresiasi oleh Heri Indra Gunawan, M.Pd selaku Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi beliau mengatakan bahwa “Mahasiswa kita jika diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk mengikuti lomba-lomba sebenarnya dapat bersaing dan mengangkat nama universitas, hal ini perlu disikapi secara serius sehingga nama universitas akan dikenal dengan segudang prestasi karena sebenarnya banyak sekali mahasiswa Unpam yang memiliki prestasi yang fantastis namun kurang digali dan ekspose ke media, saya juga sangat bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian yang telah diraih mahasiswa Prodi Pedidikan Ekonomi, supaya ini menjadi dasar dan renungan untuk kedepan kita bisa berlatih lebih maksimal dan totalitas, tentunya dengan dukungan dan doa dari semua steakholder yang ada”.

Tanggapan Isanur Fikri salah satu atlit yang memperoleh juara II mengatakan “Kami sudah berusaha dan berlatih dengan maksimal, semua raihan ini berkat doa dan dukungan dari teman-teman Universitas Pamulang khususnya prodi saya tercinta Prodi Pendidikan Ekonomi, saya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan dan dukungan yang sudah diberikan, untuk kedepannya kami pasti jauh lebih baik lagi”.

Semoga apa yang sudah diraih oleh keempat atlit pencak silat ini menjadi awal yang baik dan dapat menggugah hati kita semua untuk terus berkarya dan berprestasi di kejuaraan-kejuaraan yang lain.