Pendidikan Ekonomi Sambangi Universitas Sebelas Maret dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan 2019

img-20190724-wa0057

Pamulang, Sebagai upaya dalam peningkatan kualitas dan penggalian pengalaman Program Studi Pendidikan Ekonomi melaksanakan agenda tahunan yakni Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Program ini merupakan agenda rutin prodi yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2014 hingga saat ini.

img-20190725-wa0019Tahun 2019 KKL dilaksanakan di Surakarta dan Yogyakarta tepatnya selama lima hari yakni pada 21-25 Juli 2019 yang diikuti sekitar 290an mahasiswa semester 4. Ketua KKL 2019 bapak Dameis Surya Anggara, S.Pd., M.Pd mengatakan “Program Kuliah Kerja Lapangan tahun ini mengusung tema Kearifan Lokal dalam Pendidikan Ekonomi, kegiatan KKL dikomsep dalam dua hal yakni kunjungan industry dan studi banding, harapannya jelas supaya mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan dapat mempraktikan ketika mereka sudah lulus kelak, serta sebagai pengembangan diri bagi program studi dan para mahasiswa”

Selain sebagai upaya program studi dalam peningkatan kualitas, KKL juga digunakan untuk sharing program-program yang dapat diimplementasikan guna menunjang terselenggarannya tridharma perguruan tinggi. Sehingga semakin banyak pengetahuan dan wawasan yang tentunya dapat dimanfaatkan dan dipraktikan pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Unpam.

img-20190722-wa0004Saat kunjungan ke Universitas Sebelas Maret, mahasiswa dan dosen disambut begitu hangat. Mahasiswa melakukan sharing dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, proses diskusi banyak menggali terkait program-program mahasiswa yang ada disana. Begitu juga dengan dosen yang disambut Dekan FKIP Universitas Sebelas Maret diruang rapat Dekanat UNS, para dosen berdiskusi terkait program-program yang ada dan saling sharing mengenai pengelolaan prodi. Tentunya banyak pengalaman yang didapat kali ini yang bisa diterapkan.

img-20190725-wa0018Dekan FKIP UNS mengatakan “Kami sangat berterimakasih karena Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang sudah bersedia datang kemari, Unpam sudah tumbuh menjadi perguruan tinggi yang luar biasa dan lambat laun akan menjadi universitas yang besar, begitu juga dengan Prodi Pendidikan Ekonomi hari ini datang kemari kita banyak berdiskusi banyak hal, saling memberikan support, memberikan pengalaman dan pengetahuan yang tentunya dapat menginspirasi”

Setelah kunjungan ke UNS perjalanan dilanjutkan ke Batik Keris dan PT Danar Hadi yang sama-sama mengelola pembuatan batik. Disana mahaiswa diajarkan banyak hal terkait dunia batik, mulai dari sejarah awal, proses pembuatan, pemasaran, sharing-sharing terkait wirausaha, hingga mahasiswa Pendidikan Ekonomi diberi kesempatan untuk melakukan proses membatik. Mahasiswa sangat antusias dan mendapatkan pengalaman luar biasa tentunya.

img-20190725-wa0012Sehingga patut diapresiasi dengan adanya program KKL yang diagendakan rutin oleh Pendidikan Ekonomi mahasiswa dapat memperoleh gambaran bagaimana kelak mereka berwirausaha dan mengembangkan bakat serta minatnya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *