Pendidikan Ekonomi Turut Serta Dalam Program Bela Negara Yang Diselenggarakan Oleh Kementerian Pertahanan

bela-negara

Pamulang, Pendidikan Ekonomi turut terlibat dan mengambil andil dalam program bela negara yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertahanan Republik Indonesia. Konsep bela negara merupakan suatu cara yang dilakukan dengan tujuan menjaga kedaulatan negara. Bela negara dilakukan melalui dua mekanisme yakni fisik dan non fisik.

Bela negara dilaksanakan karena maraknya remaja yang notabenya merupakan calon generasi penerus bangsa yang belum menyadari pentingnya nilai-nilai bela negara, hal ini didukung dengan masih maraknya remaja yang melakukan tawuran, terjerumus obat-obatan terlarang, hingga pada hal-hal yang bersinggungan dengan terorisme serta radikalisme.

bela-negara-1bela-negara-2Berdasarkan hal tersebut, Pendidikan Ekonomi tergugah untuk mengikuti Diklat Bela Negara yang diadakan di Pusdiklat Badiklat Kemhan. Dosen yang dikirimkan ialah Ibu Fika Rahmanita, S.Pd., M.M yang mewakili Program Studi Pendidikan Ekonomi sekaligus mewakili Universitas Pamulang.  Diklat ini berlangsung selama 10 hari dengan konsep acara Training of Trainer (TOT) Kader Muda Bela Negara. jelas pastinya outpun yang dihasilkan dalam TOT ini ialah membentuk trainer muda yang dilandasi dan dibekali dengan jiwa bela negara.

Bela Negara sejalan dengan program nawacita yang dicanangkan oleh Bapak Ir. Joko Widodo Pesiden Republik Indonesia. Program nawacita yang dimaksud ialah pada poin ke delapan yaitu melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotism dan cinta tanah air, semangat bela negara dan budi pekerti.

Kol. Inf. Adi Kurnianto sebagai Kepala Bidang Operasional Badiklat Kemhan mengatakan bahwa “Ikut serta bela Negara dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya aktif dalam pembelajaran dan sukses dalam bidang kerja masing-masing, Aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, turut serta dalam perlombaan, berusaha maksimal dalam mencapai cita-cita merupakan usaha bela Negara yang dapat dilakukan oleh mahasiswa”

Kol. Inf. Adi Kurnianto
Kol. Inf. Adi Kurnianto

Diklat pada hari pertama seluruh peserta mengikuti kegiatan penelusuran dan penyamaran yang dilakukan di hutan, selanjutnya baru dilaksanakan pembukaan secara resmi kegiatan training oleh Kepala Bidang Operasional Pelatihan Bela Negara.

bela-negara-6Kegiatan Traiing diisi dengan materi-materi yang berhubungan dengan konsep bela negara dan nilai-nilai dasar bela negara. selain itu ada wawasan kebangsaan, kepemimpinan, proxy war, anti narkoba, sampai kepada pelatihan penyusunan kurikulum kegiatan pelatihan Bela Negara. Selama 10 hari, peserta mengikuti aturan pelaksanaan kegiatan dengan rangkaian sebagai berikut: solat subuh bersama berkumpul pada pukul 04.30, dilanjutkan dengan senam bersama, penarikan bendera, sarapan pagi, kemudian penyampaian materi dari para dosen (dikenal dengan sebutan Widya Iswara/ WI) dari Kemhan. Penerimaan materi hingga pukul 21.00 setiap harinya.

bela-negara-4Dosen Pendidikan Ekonomi, Fika Rahmanita, S.Pd., M.M. mengatakan bahwa “Dengan adanya pelatihan penyusunan kurikulum yang diikuti secara cermat, maka ini dapat dijadikan pondasi dan bekal dalam penyusunan kegiatan pelatihan bela negara di Universitas Pamulang. Sehingga harapannya diklat yang telah diikuti dan dilaksanakan ini dapat meningkatkan kualitas lulusan Universitas Pamulang yang memiliki jiwa bela negara.”

belanegara-5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *