Melakukan Revolusi Mental dengan Meningkatkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara di Era Revolusi Industri 4.0

propesa

Pamulang, Universitas Pamulang mengadakan masa orientasi yang dikenal dengan Program Pengenalan Studi dan Almamater (Propesa). Tercatat sebanyak 20.324 mahasiswa baru hadir di lantai 8 Kampus Universitas Pamulang Viktor untuk mengikuti acara tersebut yang diadakan pada 28 – 30 Agustus 2019.

Propesa dibuka oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya Dr. (H.C.). Darsono dengan memperkenalkan sejarah serta visi dan misi berdirinya Yayasan. Kemudian dilanjutkan oleh Rektor Universitas Pamulang, Dr. Dayat Hidayat, M.M. memaparkan visi dan misi Universitas Pamulang. Tidak hanya itu, Propesa Universitas Pamulang juga membekali mahasiswa baru dengan materi bela negara.

propesaa
Materi disampaikan oleh dosen Kemahasiswaan Divisi Kebangsaan, yaitu Fika Rahmanita,  S.Pd., M.M. Disampaikan oleh Fika bahwa, “Penanaman nilai bela Negara adalah salah satu bentuk pengamalan program Nawacita yang ke delapan yaitu melakukan revolusi karakter bangsa yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan dimana mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang wajib mengenal sejarah pembentukan bangsa, memiliki nilai-nilai patriotism dan cinta tanah air, dan budi pekerti.”

Bela Negara adalah konsep yang disusun untuk menjaga hak dan kewajiban setiap warga Negara dalam menjaga kedaulatan Negara. Bela Negara dilakukan oleh mahasiswa dengan berusaha mencapai cita-cita, meraih nilai yang setinggi-tingginya dan mencapai prestasi sebaik mungkin.

Tidak berhenti sampai disitu, Universitas Pamulang juga bermaksud membekali mahasiswa dengan nilai-nilai bela negara dengan mengadakan Orientasi Sadar Berbangsa dan Bernegara yang akan diadakan pada 21-22 September 2019. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk memberikan hasil yang maksimal. Technical Meeting diadakan oleh panitia pada 11 September 2019 untuk memberikan pemahaman pada peserta mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *