Orientasi Sadar Berbangsa dan Bernegara Wujud Rasa Patriotisme dan Nasionalisme Mahasiswa Universitas Pamulang

bagroun orientasi

Pamulang, Dewasa ini kita dihadapkan pada suata era dimana masyarakat mengalami disorientasi patriotisme dan nasionalisme, yang menyebabkan generasi penerus kehilangan arah sesuai dengan falsafah bangsa. Mahasiswa yang notabenya merupakan generasi penerus yang memiliki hak dan kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan sudah sepantasnya memiliki rasa patriotisme dan nasionalisme tinggi. Hal inilah yang ingin dibangun oleh Universitas Pamulang. Patriotism dan nasionalisme ditingkatkan dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang menjadi program peningkatan rasa patriotism dan nasionalisme yang dilakukan Unpam adalah Orientasi Sadar Berbangsa dan Bernegara. Universitas Pamulang memfasilitasi mahasiswa dengan melakukan program bela Negara bertemakan “Sadar Berbangsa dan Bernegara dalam Menghadapi Era Revolusi Industry 4.0.” Orientasi sadar berbangsa dan bernegara mendapatkan antusiasme luar biasa dari peserta dari perwakilan seluruh Program Studi di Universitas Pamulang.

“Bela Negara adalah wujud rasa cinta tanah air yang merupakan hak dan kewajiban warga Negara, maka mahasiswa Unpam harus mampu berdiri di barisan paling depan dalam implementasi bela Negara baik di dalam maupun di luar kampus, dalam pelaksanaannya kami bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi sebagai panitia penyelenggara kegiatan ini supaya kedepan ada kaderisasi dan pengalaman yang mereka dapatkan” papar Fika Rahmanita, S.Pd., M.M. selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut.

Kegiatan ini didukung penuh oleh civitas akademika. Dimana teknologi semakin berkembang, maka mahasiswa memerlukan pondasi yang kuat untuk menghadapinya.

Upacara Pembukaan
                                                                                   Upacara Pembukaan

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi, Saiful Anwar, S.Pd., M.M. bahwa, “kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat menyadarkan mahasiswa bagaimana seharusnya kaum milenial sebaiknya menyikapi perkembangan teknologi dengan dasar nilai-nilai bela Negara pada dirinya.”

Disampaikan oleh Reza Ghassani, mahasiswa Program Studi Teknik Industri bahwa harapannya mengikuti kegiatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana sebaiknya mahasiswa mengimplementasikan sikap bela Negara. “Saya ingin mengetahui bagaimana cara pelajar mengamalkan sikap bela Negara dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Reza, mahasiswa kelahiran Indramayu, 17 Juni 2019 ini.

Orientasi sadar berbangsa dan bernegara dibuat untuk dapat meningkatkan rasa kesadaran pada diri mahasiswa bahwa Indonesia memiliki keberagaman suku, adat, budaya, dan agama sehingga harus dipersatukan melalui semangat persatuan dengan ideology Pancasila, UUD 1945, NKRI dan bhineka tunggal ika. Upacara pembukaan orientasi sadar berbangsa dan bernegara dipimpin oleh Rektor Universitas Pamulang, Dr. Dayat Hidayat, M.M.

Salah satu bentuk Patriotisme mahasiswa Unpam
                                               Salah satu bentuk Patriotisme mahasiswa Unpam  

Orientasi sadar berbangsa dan bernegara dimaksudkan untuk dapat mempersiapkan mahasiswa menghadapi era revolusi industry 4.0, dimana semakin marak radikalisme, anarkisme, hoax, dan permasalahan bangsa lainnya. Materi yang disampaikan dalam orientasi antara lain adalah nilai-nilai dasar bela Negara, proxy war, kepemimpinan, landasan berbangsa dan bernegara, PBB dan beberapa kegiatan lainnya yang memacu kebersamaan dan kepemimpinan mahasiswa yaitu outbound, jurit malam, api semangat bela Negara (api unggun), dan program kreativitas mahasiswa.

Kegiatan orientasi ini memberi banyak manfaat bagi mahasiswa. Salah satunya yang dirasakan oleh Ikhda, mahasiswa peserta dari Pendidikan Ekonomi.

“Kegiatan ini menyadarkan saya bagaimana pentingnya bela Negara dan saling bekerja sama dalam untuk mewujudkannya,” ungkap Ikhda Fitriyanti Hamadah, mahasiswa kelahiran Tangerang, 02 Juli 2019, peserta orientasi yang berasal dari Program Studi Pendidikan Ekonomi.

One thought on “Orientasi Sadar Berbangsa dan Bernegara Wujud Rasa Patriotisme dan Nasionalisme Mahasiswa Universitas Pamulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *