Pendidikan Ekonomi Unpam Kirimkan Kader Kedua dalam Program Bela Negra

cover bela negara II

Pamulang, Oktober 2019, bertempat di Badiklat Kemhan Rumpin Kabupaten Bogor dari tanggal 1 sampai dengan 10 Oktober 2019 telah dilaksanakan kegiatan berupa Pelatihan Bela Negara gelombang II. Peserta kegiatan adalah para kader Bela Negara utusan dari institusi pendidikan yaitu; Universitas Pertahanan, Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan, Universitas Veteran Jakarta, Universitas Veteran Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor, Universitas Islam Negeri Banten, Universitas Pamulang, Universitas Islam Bandung, Universitas Trilogi, Universitas MH Thamrin, SMKN 12 Jakarta, SMKN 70 Jakarta, SMA Kesatrian Semarang, SMAN 1 Ciampea Bogor, SMAN 1 Jasinga Bogor, SMAN 1 Parungpanjang, SMAN 1 Cibungbulang, SMAN1 Cigudeg, SMAN1 Tenjo, SMPN 239 Jakarta, TK Annur Mijen Semarang, Komando Pusat Kebangkitan Jawara dan Pengacara.

Pada kesempatan ini Universitas Pamulang  mengirimkan satu perwakilan dosen untuk mengikuti Pelatihan Bela Negara Tahapn II, dengan harapan nantinya dapat berkontribusi dalam pembinaan mahasiswa pada khususnya dan civitas akademika pada umumnya terkait dengan program-program bela negara yang tertuang dalam Intruksi Presiden No.7 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara tahun 2018-2019. Dalam rangka menyelaraskan  dan memantapkan upaya Bela Negara menjadi lebih sistimatis, terstruktur, terstandarisasi dan masif pada tanggal 18 September 2018.

Kita ketahui bahwa bela negara merupakan tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu, dan berkelanjutan yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia serta keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi negara dan kerelaan untuk berkorban guna meniadakan setiap ancaman baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri yang membahayakan kemerdekaan dan kedaulatan negara. Bela negara adalah kegiatan yang dilakukan oleh setiap warga negara sebagai penunaian hak dan kewajiban dalam rangka penyelenggaraan pertahanan keamanan negara.

Bela negara gambar 2Pendidikan Pendahuluan Bela Negara disingkat PPBN adalah pendidikan dasar bela negara guna menumbuhkan kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, keyakinan akan Kesaktian Pancasila, kerelaan berkorban bagi Negara, serta memberikan kemampuan awal bela negara.

Ketahanan Nasional merupakan kondisi dinamis suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan, yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional di dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman, baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri dalam bentuk apapun, yang langsung maupun tidak langsung membahayakan identitas, keutuhan, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta mencapai tujuan perjuangan nasionalnya.

belanegara 3Pendidikan Bela Negara mempunyai sasaran yaitu terwujudnya warga negara Indonesia yang mengerti, menghayati dan sadar didalam menjalankan nilai-nlai dasar bela negara yaitu:

Pendidikan Bela Negara mempunyai sasaran yaitu terwujudnya warga negara Indonesia yang mengerti, menghayati dan sadar didalam menjalankan nilai-nlai dasar bela negara yaitu:

  1. Cinta tanah air

Yaitu mengenal, mencintai wilayah Indonesia sehingga dapat mewaspadai dan siap membela tanah air terhadap segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara oleh siapapun dan dari manapun.

  1. Sadar berbangsa dan bernegera

Yaitu selalu  dapat membina kerukunan, persatuan, dan kesatuan di lingkungan keluarga, pemukiman, pendidikan, dan pekerjaan sera mencintai budaya bangsa dan selalu mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi, keluarga, dan golongan.

  1. Setia kepada Pancasila sebagai ideologi Negara

Yaitu yakin akan kebenaran Pancasila sebagai satu-satunya falsafah dan ideologi bangsa dan negara yang telah terbukti kesaktiannya dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara,guna tercapainya tujuan nasional.

  1. Rela berkorban untuk bangsa dan negara

Yaitu rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan harta baik benda maupun dana, untuk kepentingan umum, sehingga pada saatnya siap mengorbankan jiwa raga bagi kepentingan bangsa dan negara.

  1. Memiliki kemampuan awal bela negara

    Diutamakan secara psikis (mental) memiliki sifat-sifat disiplin, ulet, kerja keras, mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku, percaya akan kemampuan sendiri, tahan uji, pantang menyerahdalam menghadapi kesulitan untuk mencapai tujuan nasional.

    Secara fisik (jasmaniah) sangat diharapkan memiliki kondisi kesehatan dan keterampilan jasmani, yang dapat mendukung kemampuan awal bela negara yang bersifat psikis.

gambar 3

Universitas Pamulang sampai sejauh ini selalu mengirimkan kader-kader yang berasal dari dosen, sampai gelombang ke dua Unpam telah memiliki dua kader Bela Negara yang kesemuanya berasal dari Program Studi Pendidikan Ekonomi, yakni Ibu Fika Rahmanita, M.M dan Bapak Amanudin, M.M. Semoga kedepan kaderisasi terus berlanjut dan dapat memberikan wawasan kepada para mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *