Seminar Nasional Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembaruan Pendidikan Ekonomi Era Industri 4.0

f59df4b9-366c-421a-b716-dae477d1a927

Pamulang, Inovasi Pendidikan di era revolusi industry 4.0 gencar dilakukan oleh setiap jenjang pendidikan untuk menghasilkan kualitas lulusan yang mumpuni di era milenial seperti sekarang ini. Penataan di segala komponen pendidikan dilakukan dan dikaji ulang untuk menyesuaikan sumber daya manusia yang melek teknologi, termasuk penataan polapikir, sikap, dan ketrampilan.

Tantangan dan kebutuhan zaman seperti itu, mendorong Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang untuk ikut andil dalam penataan SDM yang unggul dan melek teknologi, yakni dengan mengadakan seminar nasional yang mengangkat judul “Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembaruan Pendidikan Ekonomi Era Industri 4.0”.

Seminar ini merupakan bentuk perhatian dan perwujudan untuk menghasilkan mutu dan kualitas lulusan yang diharapkan oleh bangsa dan negara, tentu media digital memiliki andil yang besar dalam pencapaian tujuan pembelajaran, maka dari itu upaya yang dilakukan ialah mengenalkan para mahasiswa untuk berinovasi dalam semua komponen Pendidikan.

Bapak Hendrik Hermawan, S.Pd., M.Pd Narasumber Seminar Nasional Memberikan Materi Kepada Mahasiswa
Bapak Hendrik Hermawan, S.Pd., M.Pd Narasumber Seminar Nasional Memberikan Materi Kepada Mahasiswa

Seminar ini dilaksanakan pada Sabtu, 19 Oktober 2019 di Auditorium Universitas Pamulang kampus 1, seminar ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unpam yang berjumlah 1.200an mahasiswa. Narasumber dalam seminar ini ialah Bapak Hendrik Hermawan, S.Pd., M.Pd beliau memiliki rekam jejak yang luar biasa dibidang pendidikan dan teknologi, termasuk pengembangan media pembelajaran berbasis digital, menjadi guru berprestasi tingkat nasional, hingga sering diundang ke luar negeri untuk menjadi narasumber.

Ketua seminar nasional Bapak Kusworo, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa “Seminar ini merupakan salah satu upaya dari program studi untuk menghasilkan kualitas tenaga pendidik yang professional, apalagi di era teknologi seperti sekarang pendidik juga dituntut untuk lebih agresif dalam menciptakan pembaruan disemua sektor pendidikan, karena tantangan bangsa kedepan tidaklah mudah, kita dituntut untuk terus dan terus menciptakan terobosan baru yang berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan”.

foto bersama

Suguhan penampilan dari mahasiswa Pendidikan Ekonomi menambah kemeriahan seminar kali ini, yakni tari-tarian tradisional adat Lampung serta seni bela diri pencak silat juga ditampilkan untuk menambah antusiasme peserta. Saat narsum memberikan materi pesertapun tampak memperhatikan dengan serius setiap materi yang disampaikan oleh Bapak Hendrik selaku narasumber. Apalagi diakhir seminar mahasiswa diajak untuk mengikuti kuis yang berbasis teknologi yang dikembangkan oleh narasumber, mereka senang dan tentunya banyak ilmu yang didapatkan.

Selain itu, ada pembagian penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi dengan membuat media pembelajaran berbasis Android, serta mahasiswa yang membuat bahan ajar untuk jenjang menengah setingkat SMP dan SMA yang sudah memiliki ISBN. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Rektor Universitas Pamulang Bapak Dr. Dayat Hidayat, M.M.

Penghargaan inovasi mahasiswa

Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi, Bapak Saiful Anwar, S.Pd., S.E., M.Pd mengatakan, “Kami memiliki banyak potensi di sini, dan potensi itu harus kita bina dan kita arahkan, supaya mahasiswa mampu membuat banyak terobosan baru yang berhubungan dengan pendidikan, kita mampu membuat aplikasi berbasis Android, dan kita mampu membuat bahan ajar yang ber ISBN, ini menunjukan bahwa sebenarnya mahasiswa kita banyak yang berbakat, jika dibina dengan baik dan tepat saya optimis Pendidikan Ekonomi menjadi penghasil lulusan yang berkompeten dan memiliki daya saing unggul”.

Selamat atas torehan mahasiswa-mahasiswa berprestasi tersebut, kedepan Pendidikan Ekonomi menghadirkan tema-tema yang menarik dan memang sesuai dengan kebutuhan para mahasiswa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *