Unpam dan Kemendikbud Bersinergi Adakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah

website1

Pamulang, Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang peningkatan kualitas Pendidikan dan peningkatan kompetensi yakni penugasan guru sebagai kepala sekolah. Pemerintah gencar melakukan penguatan kepala sekolah di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Kota Tangerang Selatan dan Sekitarnya.

Sesuai surat Keputusan Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor: 5497/B.B1.3/HK/2019, tertanggal 29 Juli 2019 ditetapkanlah Unpam melalui Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) sebagai penyelenggara Diklat Penguatan Kepala Sekolah untuk jenjang TK sampai SMP di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, serta kepala SMA/SMK/SLB Provinsi Banten, yang diikuti kepala sekolah sebanyak 1.514 yang terbagi ke dalam 10 angkatan. Para pengajar berasal dari Dosen, Widiyaiswara, dan Pengawas Sekolah yang telah terlatih dan lulus mendapatkan sertifikat nasional dari Kemendikbud.

website2

Dr. E. Nurzaman, AM, M.M., M.Si selaku penanggungjawab LPD serta selaku Wakil Rektor I bidang akademik dalam pembukaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Angkatan X menyampaikan bahwa “ Melalui Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) Universitas Pamulang ini, merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas kepala sekolah serta memenej sekolah yang dipimpin oleh bapak dan ibu sekalian”. Hal tersebut sesuai dengan tujuan diadakannya Diklat Penguatan Kepala Sekolah yakni sebagai upaya untuk memperdalam kemampuan Kepala Sekolah dalam memimpin dan mengelola satuan Pendidikan, serta memiliki performa sebagai Kepala Sekolah bagi seluruh warga sekolah.

Ketua Yayasan Sasmita Jaya Group Dr. (HC), H. Darsono dalam sambutannya merespon positif atas kegiatan Penguatan Kepala Sekolah ini, dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa Unpam akan selalu siap untuk memajukan Pendidikan di Indonesia melalui best practice pengelolaan sekolah dan perguruan tinggi, karena Yayasan Sasmita Group memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan SMK kelompok bisnis dan kelompok teknologi yang memiliki peserta didik besar di lingkungan Kota Tangerang Selatan.

websie3

Sampai saat ini Kamis, 21 November 2019 LPD Unpam telah melaksanakan sepuluh angkatan diklat penguatan kepala sekolah, baik dari Kabupaten Tangerang yang terbagi dalam lima angkatan yang sudah selesai dilaksanakan, serta dua angkatan untuk Kota Tangerang Selatan, dan empat angkatan dari provinsi Banten yang salahsatunya sedang dilaksanakan yakni angkatan sepuluh yang berakhir pada Selasa, 26 November 2019.

Peserta sangat antusias dalam penyelenggaraan Diklat Penguatan Kepala Sekolah, mulai dari awal registrasi sampai kegiatan pembelajaran dikelas, seluruh peserta komit untuk melaksanakan diklat dengan baik demi menciptakan manajerial sekolah yang lebih baik, karena peran kepala sekolah disini central dalam menentukan kualitas pembelajaran, pengelolaan sekolah, serta pengembangan sekolahnya.

Rektor Universitas Pamulang Dr. H. Dayat Hidayat, M.M mengatakan bahwa “Sertifikat yang diperoleh melalui Diklat ini mempresentasikan Standar Kompetensi Kepala Sekolah di Indonesia dari Sabang sampai Marauke, dengan demikian kualitas pendidikan Indonesia, dimanapun berada diharapkan terjadi kesetaraan untuk menuju tercapainya kesamaan,”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *