Pendampingan Pengembangan Produk Pendidikan bagi Guru di Yayasan, Nurul Hidayah, Bojongsari, Depok.

dameis1

Pamulang, Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kini gencar dilaksanakan oleh seluruh Dosen Pendidikan Ekonomi Unpam, hal ini tentu sebagai bentuk keprofesionalan serta kepedulian dosen Pendidikan Ekonomi kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang ada di sekitar Pamulang. Selain itu, tentu untuk menjembatani terealisasinya visi Universitas Pamulang untuk masuk ke jajaran 40 Besar Universitas terbaik di Indonesia.

Salah satunya ialah PKM yang dilakukan oleh tim dosen Pendidikan Ekonomi yang diketuai oleh Bapak Dameis Surya Anggara, S.Pd., M.Pd yang melaksanakan PKM di Yayasan Nurul Hidayah. Berangkat dari banyaknya pendidik yang belum maksimal dalam melakukan penelitian yang menghasilkan produk pendidikan sebagai solusi masalah pembelajaran. Kesulitan ini dirasakan karena guru masih belum memahami cara melakukan penelitian yang menghasilkan produk pendidikan. Keadaan tersebut berdampak pada ketidakefektifan pembelajaran yang dilakukan.

DAmeis2
Berdasarkan hal tersebut, terpanggil jiwa-jiwa peduli social para dosen pendidikan Ekonomi untuk melaksanakan PKM yang mengangkat judul “Pendampingan Pengembangan Produk Pendidikan bagi Guru di Yayasan Nurul Hidayah Bojongsai Depok”. Sehingga diharapkan dengan adanya PKM ini pendidik di lingkungan Yayasan Nurul Hidayah dapat memperoleh pengetahuan dan ketrampian dalam mengembangkan produk ilmiah pendidikan sebagai upaya memecahkan masalah dalam proses pembelajaran.

PKM ini dilaksanakan selama tiga hari yakni pada Senin 14 Oktober 2019 sampai Rabu 16 Oktober 2019 yang diikuti sekitar 40-an Pendidik dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah, tidak hanya itu Ketua Yayasan Nurul Hidayah ikut menghadiri PKM kali ini. Adapun materi yang disampaikan ialah mengenai pendampingan terhadap praktik pengembangan produk pendidikan berupa media pembelajaran, lembar kerja siswa, dll.

Dameis Surya Anggara, S.Pd., M.Pd sebagai ketua PKM mengatakan bahwa “Metode kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk Workshop dalam menghasilkan produk-produk pendidikan melalui metodologi research and development di Yayasan Nurul Hidayah. Adapun langkah-langkahnya ialah 1. Persiapan materi berbentuk powerpoint, handout, dan contoh dari pengembangan produk pendidikan. 2. Pendampingan terhadap praktik pengembangan produk pendidikan berupa media pembelajaran, lembar kerja siswa, dll. 3. Penilaian dan perbaikan produk pendidikan yang telah direncanakan. 4. Mereview dan instropeksi terhadap proses pembuatan produk pendidikan. Sehingga diketahui tingkat keberhasilan dari praktik pngembangan produk pendidikan. Kemudian jika produk sudah sesuai dengan indikator keberhasilan maka akan digunakan dalam pembelajaran”.

Dameis3
Maren Audria salah satu Pendidik yang ikut dalam PKM ini mengatakan bahwa kami sangat mengapresiasi PKM yang dilaksanakan oleh Dosen Pendidikan Ekonomi, karena memang kami membutuhkan keterbaharuan mengenai pemecahan permasalahan yang memang kami sendiri sulit untuk menemukan solusinya, dari PKM ini kami sangat terbantu untuk mengubah pola pembelajaran menjadi lebih baik dengan cara pengembangan brbagai macam produk baik LKS, Metode, dan lain sebagainya yang memang dilatarbelakangi oelh permasalahan yang benar-benar terjadi dan kami alami”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *