Pengabdian Dosen-Dosen Muda Untuk Menumbuhkan Semangat Menabung Dengan Metode Story Telling Di Komunitas 1001 Buku

IMG-20200114-WA0007

Pamulang, 8 Desember 2019  Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi Selain Pendidikan dan Penelitian, sesuai undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada Pasal 20 ayat 2 dinyatakan: ”Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan  pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat”. Pada Pasal 24 ayat 2 disebutkan:”Perguruan tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian masyarakat”.

Pengabdian kepada Masyarakat yang digagas oleh team dosen Pendidikan Ekonomi ini ditujukan kepada anak usia sekolah di Komunitas 1001 Buku Jakarta Timur. Bertujuan membentuk pribadi yang hemat sebagai bentuk literasi keuangan anak pada usia sekolah. Dilatar belakangi hasil observasi yang dilakukan pada lingkungan warga sekitar Komunitas 1001 Buku di Jalan Kemuning 3. Utan Kayu Utara Matraman Jakarta Timur yang banyak sekali ditemukan pola hidup konsumtif di masyarakat serta kesulitan dalam mendisiplinkan diri dalam menabung anak usia sekolah.

IMG-20200114-WA0006Kerja sama ini selain sebagai bentuk kewajiban dosen dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat, juga memanfaatkan bidang keilmuan yang dimiliki para dosen, khususnya dalam bidang pendidikan. “Penanaman nilai-nilai literasi keuangan sedini mungkin pada anak aka sangat berpengaruh terhadap pemahaman dan pengetahuan tentang literasi keuangan dan juga tingkat kesejahteraan di masa yang akan datang.” Kata Syamsul Anwar., SE.,MM selaku ketua pelaksana kegiatan. Topik yang diangkat merupakan topik yang sangat penting dan memerlukan perhatian serius terkait dengan kegiatan ekonomi di masyarakat, “Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi keilmuan kami selaku dosen program studi Pendidikan Ekonomi serta kerjasama antara prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang, Komunitas 1001 Buku dan masyarakat sekitarnya.” Tambah Enok Nur Khasanah., S.Pd., M.Pd.

Acara Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan selama 3 hari, team cetar dosen Pendidikan Ekonomi melibatkan pula Mahasiswa perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi untuk membantu keberlangsungan acara. Acara dengan tema “Pendidikan Keuangan untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Melalui Media Story Telling Pada Anak Usia Sekolah.” Pada hari pertama 6 Desember 2019, kegiatan diawali dengan doa bersama dilanjutkan sambutan ketua pelaksana dan perwakilan komunitas 1001 Buku.  Setelah itu materi seminar literasi keuangan. “Memberikan pemaparan dalam bentuk seminar kecil terlebih dulu akan membantu mereka untuk memahami secara global permasalahan keuangan yang ada atau mungkin saat ini sedang mereka alami,” tukas Nasmal Hamda., S.Pd., M.Pd sebagai pemateri seminar.

IMG-20200114-WA0004Kemampuan kognitif anak di usia sekolah tentunya sangat berbeda dengan kognitif anak remaja ataupun mahasiswa yang padaumumnya sudah memasuki usia dewasa awal. Sehingga penanaman konsep keuangan harus diberikan dengan  cara yang sangat sederhana namun tetap menarik sehingga bisa dipahami dengan baik. Strategi story telling dipilih karena cocok untuk menyampaikan materi. “Story telling sangat efektif, terutama untuk adik-adik yang masih belum umum dengan istilah-istilah keuangan, sehingga mereka bisa memahami materi yang disipkan dalam cerita,” kata Kharisma Danang Yuangga., S.Pd., M.Pd yang menjadi pendongeng di hari ke dua tanggal 7 Desember 2019.

Dihari terakhir kegiatan ditutup dengan menayangkan film edukasi dampak menabung pada anak usia sekolah, “Setelah mendapatkan materi, anak akan lebih antusias dan berniat untuk menabung setelah tahu apa saja yang nantinya dapat mereka peroleh setelah uangnya terkumpul, dan itu kami sampaikan dalam bentuk pemaparan video.” Kata Fitra Jaya., S.Pd. M.Pd selaku pembicara di hari ke tiga. “hal itu tentunya sangat memotivasi karena anak usia sekolah rata-rata sangat banyak memiliki keinginan untuk dipenuhi.” Acara ditutup dengan pembagian souvenir berupa peralatan belajar dan doa bersama.

IMG-20200114-WA0005“Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini sangat membantu program kerja Komunitas 1001 Buku dalam mengedukasi masyarakat.” Kata Muhammad Akbar selaku Pengelola Komunitas 1001 Buku Jakarta Timur ketika ditanyai keseluruhan kegiatan para dosen, “Semoga kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan untuk membantu permasalahan di masyarakat di sini, terutama dalam hal edukasi tentang uang untuk anak usia sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *