Peningkatan Kesadaran Kesehatan Lingkungan dan Pelatihan Manajemen Organisasi di Pondok Pesantren.

Pamulang, Pondok Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan luar sekolah yang menitikberatkan pengajaran pada pembelajaran membaca Al Qur’an dengan muatan tambahan yang berorientasi pada pembentukan akhlak dan kepribadian islamiah yang didasarkan pada nilai-nilai spiritual.

Secara kelembagaan pondok pesantren Al hikmah di bawah naungan yayasan, dan sebagai pembina yayasan yang dikenal dengan Mudir membawahi sepuluh (10) assatidz dan juga ada wali-wali asrama yang disebut musyrif yang berjumlah tiga puluh tiga  (33). Sedangkan jumlah santrinya kurang lebih 250 santri. Permasalahan  yang ditemukan adalah walaupun pembagian tugas sudah ada untuk masing-masing assatidz dan muysrif namun masih terkendala dalam hal implementasinya, banyak pekerjaan yang seharusnya dilakukan sesuai dengan pembagian tugas masing-masing namun dibebankan kepada satu dua orang assatidz.

awi2Permasalahan lain di pesantren ialah belum adanya standar penanganan terhadap santri yang sakit, tidak tersedianya fasilitas standar minimal obat yang dibutuhkan untuk mengobati sakit atau penyakit sebagai langkah penanganan awal, kurangnya kesadaran santri terhadap kesehatan lingkungan, ruang Unit Kesehatan Santri belum dikelola dengan baik seperti belum adanya pemisahan antara santri dengan penyakit menular dan yang tidak menular, dan yang paling utama adalah belum adanya tenaga kesehatan yang siap setiap saat dalam hal penanganan santi yang sakit.

Berdasarkan hal tersebut Tim dosen Prodi Pendidikan Ekonomi Unpam yang diketuai oleh Bapak Lollong Manting, M.M melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Pondok Pesantren Al Hikmah, Kec. Kemang Kab.Bogor.

awi 2PKM yang dilaksanakan selama tiga hari ini menitik beratkan pada pembangunan kesadaran kesehatan lingkungan dan pelatihan manajemen organisasi yang ada di Pondok Pesantren Al Hikmah tersebut, sehingga diharapkan para santri dan pengelola Pondok dapat lebih memperhatikan lagi kebersihan dan memaksimalkan peran organisasi yang ada di pesantren tersebut.

Hal ini dikatakan juga oleh Bapak Lollong Manting, M.M “Kita peduli terhadap kesehatan para santri di pondok pesantren, maka dari itu kami berusaha memberikan sosialisasi supaya ponpes menjadi tempat yang nyaman, bersih, dan tentunya sehat bagi para santri sehingga mereka bisa menuntut ilmu dengan baik dan maksimal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *