Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Bersama Dosen Pendidikan Ekonomi UNPAM dan Guru-Guru PAUD di TK Lily Depok

Pamulang- Sejumlah dosen Pendidikan Ekonomi beserta beberapa mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) menyelenggarakan pelatihan dalam mengembangkan bahan ajar kepada guru-guru PAUD di TK Lily Kecamatan Limo Depok dengan tema Lingkunganku pada hari Sabtu tanggal 13 Juni 2020.

Kegiatan yang diadakan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab dosen-dosen Pendidikan Ekonomi dalam memenuhi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi selain melakukan pengajaran dan penelitian yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada Pasal 20 ayat 2 dinyatakan: ”Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan  pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat”. Dilanjutkan dengan Pasal 24 ayat 2 disebutkan:”Perguruan tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian masyarakat”.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melatih keterampilan guru-guru PAUD dan TK dengan keahlian membuat materi dan bahan ajar tematik untuk pembelajaran peserta didik. Karena dari hasil observasi dan perbincangan dengan kepala sekolah TK Lily, pada saat proses pembelajaran nampak sekali adanya kelemahan pada proses pembelajaran, yang menyiratkan bahwa dalam menyampaiakan materi berkaitan dengan tema-tema yang ada pada kurikulum PAUD guru  memiliki bahan ajar yang standar, sangat teks book artinya materi yang diajarkan rata-rata hanya berdasarkan apa yang ada dibuku kemudian berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah sehingga kurang up todate untuk beberapa sub tema pada Lingkungan dan kompetensi guru yang dirasa kurang dalam mengembangkan bahan ajar secara konkret

foto siffi pkmKoordinator Pelatihan Ibu Soffi Soffiatun, S.Pd., M.Pd mengatakan “Pelatihan akan dilaksanakan setiap semester dan berkesinambungan. Sasarannya untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru PAUD dan TK dalam mengembangkan bahan ajar tematik dan media pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi”.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Ice Breaking yang bertujuan untuk membuat suasana lebih akrab. Setelah itu, pemateri yang diwakili oleh Ibu Soffi Soffiatun, S.Pd., M.Pd menayangkan slide power point yang berkaitan dengan materi memotivasi para guru dan menjelaskan bahwa “Guru dituntut agar lebih kreatif dalam menyiapkan media dan sumber belajar yang diperlukan oleh anak. Berinovasilah dengan menggunakan berbagai bahan yang ada di alam sekitar sangat diperlukan untuk menunjang keberlangsungan kegiatan belajar mengajar.”

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 12 orang guru PAUD dari beberapa PAUD yang ada dilingkungan Kecamatan Limo Depok. Selama pelatihan guru-guru sangat antusias dan sangat bersemangat mengikuti tahap demi tahap dalam pelatihan bahan ajar tersebut. Dan mereka juga berharap agar kegiatan pelatihan seperti ini dapat berkelanjutan pada waktu yang akan datang.

Alhamdulillah pelatihan pengembangan bahan ajar menghasilkan produk bahan ajar dengan tema lingkunganku dalam bentuk audio visual berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan pelatihan ini bermanfaat khususnya bagi guru-guru PAUD yang ikut berpartisipasi dan semoga ilmu yang telah disampaikan dapat dibagikan juga kepada guru-guru PAUD lainnya yang tidak bisa mengikuti pelatihan ini sehingga guru-guru PAUD dapat lebih berinovasi dalam mengembangkan bahan ajarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *