Pelatihan Teknik Dasar Merajut sebagai Peluang Usaha bagi Ibu-ibu PKK RT 01 RW 13 Kelurahan Mekarjaya Depok

Pamulang- Merajut saat ini bukan hanya sebagai karya seni namun dapat menjadi peluang usaha terutama bagi ibu-ibu PKK RT 01 yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga. Berbagai macam produk dapat dibuat dengan menguasai teknik dasar merajut. Untuk itu tim pengabdi Universitas Pamulang mencoba untuk memberikan suatu pelatihan yang dapat menambah keterampilan sekaligus menjadi peluang usaha. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan selama 3 hari dari tanggal 16 hingga 18 Maret 2020 tersebut bertema “Pelatihan Teknik Dasar Merajut sebagai Peluang Usaha bagi Ibu-ibu PKK RT 01 RW 13 Kelurahan Mekarjaya Depok. Pelatihan yang diadakan berjalan dengan lancar atas kerjasama tim pengabdi Universitas Pamulang dengan pejabat setempat. “Alhamdulillah pelatihan dapat diadakan dengan lancar dan sukses meskipun dalam situasi pandemi. Semoga pelatihan ini  dapat menginspirasi ibu-ibu anggota PKK untuk memulai usaha dan membantu perekonomian keluarga. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada tim pengabdi yang telah bekerjasama sehingga acara ini terselenggara dengan baik. Semoga ke depan dapat diadakan kegiatan lain yang bermanfaat khususnya untuk menambah wawasan dan keterampilan ibu-ibu di sini”, demikian tanggapan dari ibu Dina selaku ketua PKK RT 01 pada saat berlangsungnya acara tersebut.

sulfi2

Acara dimulai dengan pelatihan teknik dasar merajut yang dipandu oleh ibu Lia selaku trainer. Masing-masing anggota PKK diminta untuk mengenali bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan merajut serta fungsi-fungsinya. Selanjutnya adalah praktek langsung teknik dasar merajut yang diikuti oleh ibu-ibu PKK dengan penuh antusias. “Ternyata merajut membutuhkan kesabaran dan ketekuan yang luar biasa. Pada awalnya saya merasa kesulitan mengikuti instruksi trainer, namun lama kelamaan saya mulai menikmatinya”, tutur ibu Titin salah seorang peserta. Demikian pula peserta yang lain memberikan komentar yang hampir senada dan merasa lega pada akhirnya dapat memahami teknik dasar keterampilan merajut. “Untuk selanjutnya ibu-ibu harus tetap mempraktekkan di rumah dan berkreasi dengan ide-ide yang akan muncul dengan sendirinya setelah kita tekun dengan kegiatan merajut ini”. Saran terseburt disampaikan ibu Lia selaku trainer yang sudah lama berkecimpung di dalam kegiatan merajut

Selanjutnya adalah sosialisasi mengenai kewirausahaan yang disampaikan oleh ketua tim pengabdi yaitu Sulfi Purnamasari, S.Sos., M.M, serta tanya jawab dengan peserta. Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan minat ibu-ibu PKK RT 01 untuk memulai wirausaha dari keterampilan teknik merajut. Narasumber yang turut membantu terlaksananya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu anggota tim pengabdi merupakan dosen Prodi Pendidikan Ekonomi yakni Fika Rahmanita, S.Pd., MM dan Saptina Retnawati, S.Pd., M.Pd. Kita semua tentu berharap agar kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan manfaat nyata sebagai bekal untuk memulai usaha dan menghasilkan produk rajut yang berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *