Pelatihan Referensi Mendelay untuk Peneliti Wilayah Banten

Pamulang- Salah satu kode etik dalam penulisan karya ilmiah ialah adanya referensi yang valid yang digunakan untuk mengkontruksi karya ilmiah, sehingga tidak ada kebohongan intelektual yang dilakukan oleh penyusun karya ilmiah tersebut. Oleh sebab itu, perlu adanya  manajemen referensi yang dilaksanakan guna menghindari praktik-praktik plagiasi yang marak terjadi.  Sebagai upaya mengantisipasi hal tersebut, Program Studi Pendidikan Ekonomi menggelar pelatihan referensi mendelay yang ditujukan bagi para peneliti, dosen, mahasiswa dan pihak lain untuk lebih mematuhi kode etik penulisan karya ilmiah dan menghargai pemikiran serta gagasan orang lain.

Mendeley menjadi kata yang asing dan jarang terdengar, namun, menjadi sangat familiar dikalangan para peneliti dan akademisi. Secara umum mendeley akan membuat penyusunan karya ilmiah menjadi lebih mudah, khususnya terkait dengan pengelolaan dan pengacuan referensi. Dalam penulisan karya ilmiah, “Citation” merupakan elemen penting yang seringkali para penulis pemula, pelajar, mahasiswa dan masyarakat akademik, terjebak dalam tindakan plagiasi yang tidak disengaja karena kurang hati-hati dalam membuat sebuah sitiran. Oleh karenanya, keberadaan sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai “citation & reference manager” adalah sebuah kebutuhan. Maka dari itu pelatihan ini dilaksanakan untuk para peneliti di wilayah Banten sebagai ajang sharing dan pengingat bagi para peneliti supaya lebih tertib dan lebih berhati-hati dalam mensitasi pemikiran orang lain.

pkm2

Pelatihan refrensi mendelay ini, dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 5 Juli 2020 sampai dengan 7 Juli 2020 oleh tim pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Nasmal Hamda, S.Pd., M.Pd, pemateri pelatihan Kusworo, S.Pd., M.Pd dan Heri Indra Gunawan, S.Pd., M.Pd, serta anggota tim Fitra Jaya, S.Pd., M.Pd dan Purwati Yuni Rahayu, S.Pd.,M.Pd. Pelatihan ini diikuti oleh 35 peneliti dari wilayah Banten, yang menggunakan media zoom sebagai sarananya.

Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi Bapak Saiful Anwar, S.Pd., S.E., M.Pd dalam membuka pelatihan ini mengatahan bahwa “Program pengabdian ini merupakan rangkaian pengabdian selama masa pandemi covid-19 dan sebagai pembuka jalannya program-program pengabdian di Prodi Pendidikan Ekonomi, yakni dosen mengabdi, dosen ngabekti, dan dosen kembali ke sekolah”. Selain itu Nasmal Hamda, S.Pd., M.Pd selaku ketua pengabdian dalam sambutannya mengatakan bahwa “Pelatihan ini memiliki tujuan untuk memberikan dan menambah pemahaman dalam mengelola referensi yang baik dan relevan dalam penulisan karya ilmiah sehingga harapannya dalam penulisan karya ilmiah lebih baik lagi dan menjadi peneliti yang professional”.

PKM5
Peserta pelatihan diberikan lima materi yang berhubungan dengan referensi mendelay yakni, 1. Tutorial penginstalan mendelay, 2. Instalasi Web Importer dan MS. Word Plugin, 3. Membuat kutipan dan bibliografi secara cepat, 4. Mencari dan memanfaatkan materi di mendeley, 5. Kolaborasi dengan mendelay. Peserta penuh hikmat mengikuti penyampaian materi demi materi yang disampaikan oleh pemateri pelatihan hingga akhir serta komunikasipun terbangun dengan adanya diskusi antara peserta dan pemateri.

Dengan mengikuti pelatihan ini harapannya para peneliti dapat dipermudah dalam penyusunan karya ilmiah dengan teknologi yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya serta menjadi teknologi yang tepat guna jika dapat memanfaatkanya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *