Dosen Pendidikan Ekonomi Adakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Android

Pamulang- Tugas pokok dosen selain melakukan proses pengajaran di kampus juga harus melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian akan pengetahun dan teknologi yang terus berkembang dan semakin maju, sehinngga maysarakat dapat berkontribusi dengan baik turut serta mengembangkan kemampuan yang dimiliki untuk terus melek akan teknologi yang sudah beriringan dalam semua lini kehidupan. Apalagi dalam tataran pendidikan, guru dan semua warga sekolah hendaknya terus memperbaharui kemampuan penggunaan dan pengembangan teknologi baik dalam proses pembelajaran, perencanaan pembelajaran, maupun evaluasi dalam pembelajaran.

Atas dasar kepedulian tersebut, dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang menyelenggrakan pelatihan dengan mengusung tema Pelatihan pembuatan media power point interaktif berbasis android untuk meningkatkan literasi digital guru di Yayasan Wiyata Mandala Muslimin Indonesia (Yadami). Pelatihan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis android ini diikuti oleh 15 guru. Pelatihan ini bertujuan supaya guru dapat meningkatkan literasi digital yang menjadi kebutuhan saat ini. Mengingat seluruh guru pada masa pandemi Covid-19 dituntut untuk cepat beradaptasi melakukan proses pembelajaran secara digital.

Pemateri pada pelatihan pembuatan media media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis android ini merupakan kolaborasi dari dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, yang terdiri dari Badrus Sholeh, S.Pd., M.Pd., Fitra Jaya, S.Pd., M.Pd., Nasmal Hamda, S.Pd., M.Pd, Enok Nurhasanah, S.Pd., M.Pd, dan Syamsul Anwar, S.E., M.M serta tim mahasiswa yakni Roby Maulana, Ilma Sya’wanah, Hera Herlina, Ahmad Suraji dan Irfan Wali.

Peserta sangat antusias mengikuti sesi demi sesi yang diberikan selama pelatihan, hal ini dibuktikan dengan keaktifan peserta yang tinggi dalam pelaksanaan pelatihan yang berlangsung. Sampai akhir sesipun banyak diskusi yang terjalin terutama saat sesi praktik berlangsung, baik yang berupa saran maupun tanggapan-tanggapan yang tentunya bermanfaat untuk peserta dan tim pengabdian ini.

“Kami sangat mengapresiasi sekali kepada guru-guru yang diberi pelatihan oleh dosen-dosen dan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang “Ujar H. AS Tatang selaku Ketua Yayasan Wiyata Mandala Muslimin Indonesia.  Lebih lanjut menurut ketua Panitia Fitra Jaya, S.Pd., M.Pd menjelaskan kegiatan ini merupakan pengabdian  kepada  masyarakat yang dibutuhkan sekarang yakni media digital sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tindak lanjut (MOU) antara Program Studi Pendidikan Ekonomi dengan Yayasan Wiyata Mandala Muslimin Indonesia yang menaungi SMP Islamiyah serua Depok”. Semoga kegiatan-kegiatan yang serupa dapat berlangsung kembali untuk memajukan kualitas pembelajaran di masa pandemi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *