HIMA Pendidikan Ekonomi Adakan Pengabdian di Sekolah Kita Rumpin (SKR)

Pamulang- Sebagai realisasi dari program-program kerja yang sudah diagendakan HIMA Pendidikan Ekonomi yang tertuang dalam program kerja HIMA periode 2019/2020 terutama program pengabdian kepada masyarakat dari divisi PKM, maka pada tanggal 29 November 2020 HIMA melangsungkan pengabdian di salah satu sekolah yang berada di Desa Rumpin.

Pengabdian ini mengusung tema “Kreativitas dan Motivasi Belajar di Masa Pandemi Covid-19” yang diselenggarakan selama tiga hari mulai dari tanggal 28 sampai dengan 30 November 2020. Peserta yang mengikuti PKM ini sekitar 25 orang dari jenjang dasar hingga menengah. Adapun lokasi yang di pilih ialah Sekolah Kita Rumpin, karena sekolah ini merupakan sekolah yang perlu diberikan motivasi lebih, supaya generasi penerus bangsa yang notabenya ialah anak-anak mulai dari jenjang dasar hingga menengah mengalami perubahan mindset untuk menghadapi kejenuhan dalam proses pembelajaran.

Adapun pembicara dalam pengabdian ini ialah Bapak Kusworo, S. Pd., M.Pd dan Ibu Saptina Retnawati, serta Pembina HIMA Bapak Heri Indra Gunawan, S.Pd., M.Pd. PKM HIMA ini merupakan inisiasi dari anggota HIMA yang sudah lama mengabdi dengan ikhlas meluangkan waktunya tanpa mengharap imbalan dari apa yang sudah dilakukan selama ini dengan tujuan mencerdaskan generasi penerus bangsa, oleh sebab itu kami memilih lokasi ini supaya teman-teman HIMA yang lain turut bergerak memberikan dukungan serta motivasinya untuk rekan-rekan kami yang sudah lama mengabdi di SKR ini. Ujar Leni selaku ketua pelaksana PKM.

Heri Indra Gunawan, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa kita semua memiliki masa depan dan peluang yang sama, selagi kita mau berusaha dan bekerja keras untuk mencapai apa yang kita inginkan, maka semua tidaklah mustahil, semua akan tiba pada waktunya anda menjadi orang-orang hebat dan sukses dimasa depan.

PKM inipun disambut dengan baik dan penuh apresiasi oleh ibu Nining pendiri dari SKR, beliau sangat bersyukur SKR didatangi oleh bapak ibu dosen dan rekan-rekan mahasiswa untuk membangkitkan motivasi dan semangat belajar para siswa di sana, Siswapun merasa senang dan bangga dengan adanya PKM yang dilakukan, karena materi yang disampaikan benar-benar memberikan semangat dan motivasi bagi seluruh peserta PKM.

Saat Bapak Kusworo, S.Pd., M.Pd memberikan materi yang mengusung tema mengenai motivasi, peserta terpana dan mengikuti dengan sangat-sangat antusias, menikmati dan terbawa oleh pembawaan bapak Kusworo, S.Pd., M.Pd dalam memberikan motivasi belajarnya. Pada intinya ada dua kata kunci untuk menuju sukses di masa depan dua kata kunci tersebut ialah fokus dan pembiasaan. Tutur Bapak Kusworo, S.Pd., M.Pd dalam salahsatu uraian materinya.

Begitu juga dengan Ibu Saptina Retnawati, S.Pd., M.Pd dalam pemamaparan materinya beliau lebih menekankan pada kreativitas pembelajaran, bahwa dengan kesederhanaan maka kreativitas itu akan mengalir, mulai dari konsep, realisasai, dan tindaklanjut yang dilakukan. Semua terintegrasi menghasilkan kreativitas dalam situasi apapun, Ujar Ibu Saptina, S.Pd., M.Pd dalam pemaparannya.

Semoga dengan adanya suplemen mengenai motivasi dan kreativitas belajar ini para peserta akan semakin fokus dan terampil dalam membekali diri mereka untuk menambah kualitas diri baik dari pengetahuan, sikap, dan psikomotorik dalam keadaan apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *