MENALAR PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI WILAYAH 3T PADA MASA PANDEMI COVID-19

Tangerang Selatan- Masa pandemi covid-19 tidak juga usai, hal ini masih berpengaruh pada proses belajar mengajar yang dilaksanakan secara daring, tentunya praktik mengajar secara daring ini masih memiliki tantangan-tantangan yang fundamental seperti halnya tidak adanya teknologi yang mendukung, kendala jaringan internet, serta kurangnya kesadaran orangtua dalam membimbing proses pembelajaran di rumah. Atas dasar tersebut, sebagai bentuk kepekaan batin dan kepekaan sosial Himpunan Mahasiswa Program Studidi (HIMA) Pendidikan Ekonomi melaksanakan Webinar.

Webinar ini mengusung tema Menalar Problematika Pendidikan di Wilayah 3T (Terluar, Tertinggal, Terdepan ) Pada Masa Pandemi Covid-19. Acara ini dilaksanakan pada Minggu, 14 Maret 2021, Via zoom meeting, dengan pembicara eksternal PLT DIKBUDPORA Kepulauan Seribu Bapak Sidik Rumalowal, S.Pd., MMP, M.Si dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan Drs. Taryono, M.Pd, serta pembicara internal ialah Bapak Ubaid Al Faruq, S.Pd., M.Pd selaku ketua Lp3 Unpam (Sekarang Wr.1 Bidang Kependidikan). Webinar ini diikuti kurang lebih 100an mahasiswa dari Prodi Pendidikan Ekonomi dan eksternal prodi.

Acara di buka dengan pembacaan doa dan sambutan dari Kaprodi Pendidikan Ekonomi Bapak Saiful Anwar, S.Pd, S.E., M.Pd dan Pembina Himpunan Mahasiswa yakni Bapak Heri Indra Gunawan, S.Pd., M.Pd. “Webinar ini merupakan gerbang informasi bagi kita semua dimana dalam webinar ini kita akan mengetahui bagaimana keadaan dan solusi-solusi yang diterapkan didaerah-daerah yang termasuk wilayah 3T bersama para pakar pendidikan yang menjadi pembicara kita pada kesempatan kali ini, acara ini menggugah kita untuk lebih peka lagi pada pendidikan di Indoensia, mari turut serta dalam program pemerataan pendidikan”, Ujar Kaprodi Pendidikan Ekonomi.

Ketiga pembicara webinar ini sangat piawai dalam membawakan materinya masing-masing, mereka mengulas mengenai keadaan sekolah, prosesi pembelajaran, permasalahan yang dialami, serta kebijakan atau solusi yang diterapkan. sehingga webinar benar-benar menginspirasi para mahasiswa serta menggerakan hati mahasiswa untuk berdiskusi lebih lanjut terkait proses pembelajaran yang dilakukan di Wilayat 3T. Banyak pertanyaan tersampaikan dan diulas dengan baik oleh ketiga pemateri ini. acara berlangsung kondusif dan terbuka.

Dengan acara webinar ini tentunya Program Studi Pendidikan ekonomi turut serta dalam membuka pikiran mahasiswa terkait dunia pendidikan secara langsung khususnya di daerah 3T, hal ini tentu sebagai proses realisasi dari Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi setiap warganegara memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan, dan semua itu terjawab dalam seluruh rangkaian acara webinar ini. Semoga Kualitas dan pemerataan pendidikan di Indoensia semakin baik dan dapat segera terwujud. Kalau bukan kita yang mengawali siapa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *