SOSIALISASI PENCEGAHAN COVID-19 DENGAN EDUKASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) & PEMBUATAN CAIRAN DISINFEKTAN MENGGUNAKAN BAHAN PEMBERSIH LANTAI SERTA PENYEMPROTAN DAN PEMBAGIAN MASKER DI MTS AL-KAUTSAR

Tangerang Selatan, Sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang dalam rangka meningkatkan kesadaran diri terhadap perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah, khususnya di era pandemi covid-19 ini, para mahasiswa praktikan di MTs Al-Kautsar berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa. PKM yang dilaksanakan ini merupakan bentuk integrasi yang dilakukan program studi dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Tema yang diangkat dalam kegiatan PKM ini adalah Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dengan Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) & Pembuatan Cairan Disinfektan Menggunakan Bahan Pembersih Lantai Serta Penyemprotan Dan Pembagian Masker Di MTs Al-Kautsar. PKM ini dilaksanakan pada Rabu, 17 Maret 2021, dengan pembicara Billy Herman Gradiyanto dan Laily Fitriani. PKM ini kurang lebih diikuti oleh 20 orang siswa yang terdiri dari beberapa perwakilan dari masing-masing kelas IX.

Kepala MTs Al-Kautsar dalam sambutannya mengatakan bahwa “Program PKM ini merupakan program yang sangat dibutuhkan oleh pihak sekolah, karena pihak sekolah (walaupun tidak setiap hari) masih memberlakukan pembelajaran tatap muka di masa pandemi ini, kami membutuhkan edukasi tentang PHBS di sekolah untuk siswa/i kami. Kami sangat mengapresiasi semangat mahasiswa PPL disini yang begitu peduli dengan lingkungan sekolah kami.”

Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di tengah pandemi untuk saat ini menjadi keharusan semua orang, terutama untuk pihak sekolah yang masih membuka pembelajaran tatap muka. Monitoring dan edukasi lebih lanjut kepada setiap siswa di sekolah menjadi kewajiban agar siswa tetap menjaga kesehatan dirinya sendiri dan lingkungan sekolah serta menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan belajar mengajarnya. Semoga kita bisa melaksanakan aktivitas belajar mengajar normal seperti sedia kala. Ujar Syafaatul Hidayati, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing PKM mahasiswa.

Pelaksanaan PKM ini dibagi menjadi 3 bagian, yang pertama adalah edukasi tentang PHBS di sekolah kepada para siswa kelas IX di sekolah dengan menampilkan slide powerpoint berisi materi PHBS dan melakukan pertanyaan interaktif kepada para siswa yang hadir. Kedua, yaitu praktik pembuatan cairan disinfektan oleh pemateri yang disesuaikan dengan anjuran WHO, kemudian meminta siswa untuk membuat cairan disinfektannya sendiri, dan yang terakhir sesi ketiga yaitu praktik penyemprotan cairan disinfektan di area sekolah dan pembagian masker kepada siswa dan warga di lingkungan sekitar sekolah.

Harapannya dengan pelaksanaan PKM ini mahasiswa dapat membangun kesadaran siswa tentang pentingnya menerapkan PHBS dan protokol kesehatan di sekolah,. Semoga kualitas pendidikan akan semakin baik dan berkembang, dan pademi ini cepat berlalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *