EDUKASI PENERAPAN 5M DAN PEMBAGIAN MASKER GUNA MENCEGAH MELUASNYA PENYEBARAN COVID-19

Jakarta Selatan – Bertempat di MTs Darussalam, Ulujami Pesanggrahan Jakarta Selatan, pada hari rabu 10 maret 2021 yang lalu, mahasiswa praktikan Universitas Pamulang mengadakan kegiatan sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 dan mengedukasi siswa dan siswi MTs Darussalam serta masyarakat Ulujami untuk dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

Latar belakang diselenggarakannnya Kegiatan ini karena saking banyaknya informasi yang beredar dimana-mana tentang penyebaran virus corona (covid-19) di sejumlah negara baik informasi melalui media lokal maupun Manca Negara. Dan kini di Indonesia sendiri sudah tercatat banyak kasus laporan warga yang positif terjangkit virus mematikan tersebut.  kasus warga indonesia yang meninggal dunia akibat virus corona atau covid-19 cukup banyak, sehingga hal tersebut membuat resah seluruh lapisan termasuk Perguruan Tinggi, Universitas, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Penegah/MTs, dan sekolah dasar.

Banyak tanda dan gejala umum dari infeksi yang ditimbulkan akibat terjangkit covid-19 yang perlu sekolah, siswa dan siswi ketahui, salah satunya adalah gejala pernapasan akut seperti demam, batuk, sesak napas, dan serak di tenggorokan. Oleh karenanya hingga saat ini pemerintah terus berusaha melakukan pencegahan-penecegahan untuk menanggulangi covid-19 ini dimulai dari hal-hal kecil seperti menghindari kerumunan dan memakai masker. Hal ini dilakukan karena berdasarkan bukti ilmiah, covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui percikan batuk atau bersin bukan melalui udara.

Sebagai salah satu cerminan dan bentuk kepedulian serta simpati mahasiswa Pendidikan Ekonomi terhadap adanya pandemi yang melanda seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia saat ini, para mahasiswa praktikan di MTs Darussalam Ulujami Pesanggrahan Jakarta Selatan berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mahasiswa. Kegiatan PKM ini merupakan bentuk integrasi yang dilakukan Program Studi dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Tema yang diangkat dalam kegiatan PKM ini adalah Edukasi Penerapan 5 M dan Pembagian Masker Guna Mencegah Meluasnya Penyebaran Covid-19 di MTs Darussalam, Ulujami Pesanggrahan, Jakarta Selatan. PKM ini dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Maret 2021, yang di pimpin oleh Ervina Susanti dan Jaeni. PKM ini di ikuti kurang lebih 100 orang peserta yang di dalamnya termasuk siswa dan siswi MTs Darussalam dari kelas VII-IX, guru-guru, Mahasiswa PPL, dan dosen pembimbing serta beberapa masayarakat ulujami.

Kepala Madrasah MTs Darussalam, Ulujami dalam sambutannya mengatakan bahwa “Program kampus yang lebih mengedepankan kepentingan umum baik di sekolah maupun masyarakat merupakan program dan tindakan yang mulia. Terlebih tujuan yang diterapkan adalah memberi manfaat untuk kepentingan orang banyak, seperti meningkatkan kesadaran diri siswa dan siswi kami akan pentingnya menjaga kesehatan, karena memang siswa dan siswi kami ada beberapa yang terlihat susah untuk mengikuti aturan sekolah. Maka dengan adanya program PKM ini kami sangat terbantu, terlebih dengan edukasi-edukasi yang diberikan seperti mengajarkan siswa dan siswi mencuci tangan yang baik dan benar, memakai masker yang baik dan benar dan masih banyak yang dilakukan mahasiswa yang saya lihat.  Saya mengucapkan terimakasih atas pembagian masker kepada siswa dan siswi kami. Kami sangat terbantu, dan semoga program ini menjadi kebaikan untuk bersama”.

Saat ini hal yang perlu dilakukan oleh semua orang yaitu menjaga kesehatan agar tetap sehat dan terhindar dari ancaman virus. Karena sulit untuk bisa memprediksi secara pasti kapan pandemi Covid-19 akan berkhir. Masyarakat sekarang harus benar-benar bisa mendisiplinkan diri khususnya siswa dan siswi MTs Darussalam dan mendisiplinkan keluarga untuk mencegah penularan covid-19.  Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan agar pandemic Covid-19 ini cepat usai. Salah satunya harus pakai masker tentunya saat keluar rumah. Pakai masker pun jangan asal-asalan seperti digantung di telinga saja. Jika tidak ada keperluan mendesak tetaplah dirumah, selalu jaga jarak sesuai anjuran jika sedang bersama orang lain. Rajin mencuci tangan dengan sabun, dan tetap mejaga imun dengan olah raga dan makan makanan yang bergizi. Semoga dengan upaya tersebut kita semua dapat terhindar dari Covid-19. Ujar Jeni selaku mahasiswa dan ketua PKM dalam sambutanya.

Pelaksanaan ini dibagi menjadi 4 bagian, diantanya pertama, memberi edukasi mencuci tangan yang baik dan benar. Kedua, edukasi memakai Handsenitezer. Ketiga, edukasi memakai masker yang baik dan benar. Keempat, Pembagian masker.

Pertama, adalah edukasi mencuci tangan yang baik dan benar dengan cara mengajak siswa dan siswi MTs Darussalam ke area tempat cuci tangan untuk mempraktikan secara langsung yang di dampingi oleh saudara Jaeni.

Kedua, adalah edukasi memakai Handsenitezer yang dilakukan oleh Ervina susanti, Jaeni dan tentunya juga dibantu oleh anggota PKM lainya seperti Shinta Vega dan Siti Wahyu ningsih, Masruhi dan Muhammad Firmansyah . Yang mana dalam hal ini siswa diajarkan untuk mengusap Handsenitezer secara menyeluruh dan merata di area telapak tangan. Hal ini guna mencegah bakteri-bakteri maupun virus yang menempel di telapak tangan.

Ketiga, adalah edukasi memakai memakai masker yang baik dan benar. Dalam hal ini mahasiswa PKM mengajarkan dan memakaikan kepada salah satu anak warga sekitar, agar area hidung hingga mulut tertutup masker. Hal ini merupakan salah satu pencegahan covid-19 agak tidak tertular.

Keempat, adalah pembagian masker. Pembagian masker ini merupakan kegiatan inti pelaksanaan PKM ini, yang mana dalam hal ini bertujuan untuk memberi manfaat kepada orang lain, khususnya siswa dan siswi MTs Darussalam, guru-guru, serta warga masyarakat sekitar guna mencegah meluasnya penyebaran covid-19 ini. Dimulai dari kesadaran diri akan pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan 5M.

Harapannya dengan pelaksanaan Kegiatan PKM ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang apa itu covid-19, agar masyarakat lebih menyadari akan bahaya yang ditimbulkan oleh virus ini, baik penularanya dan dampaknya bagi kesehatan.

Harapan bagi mahasiswa dengan pelaksanaan kegiatan PKM ini, supaya mahasiswa dapat menjadi pribadi yang: Tahu dan taat aturan, kreatif, dan inovatif, objektif kooperatif dalam membangun keragaman interlektual. tetap senantiasa memiliki jiwa peduli, simpati terhadap kepentingan umum tidak hanya pada saat kegiatan PKM ini saja tetapi peduli juga di luar kegiatan PKM. Dan semoga Pandemi yang melanda seluruh dunia cepat dapat di atasi dan cepat beralu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *