PELATIHAN PENINGKATAN KREATIFITAS SISWA DENGAN TIEDYE MENGGUNAKAN TOTEBAG

Tangerang Selatan – Sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang dalam rangka meningkatkan kreatifitas siswa dan mengurangi limbah plastik di era pandemi covid-19 ini, para mahasiswa praktikan di SMK Sirajul Falah Parung menginisiasi untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM ini merupakan bentuk integrasi yang dilakukan program studi dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Tema yang diangkat dalam PKM ini ialah Pelatihan Peningkatan Kreatifitas Siswa Dengan Tiedye Menggunakan Totebag di SMK Sirajul Falah Parung, Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 25 Maret 2021, dengan pemateri Diah dan Putri. PKM ini diikuti oleh orang siswa.

“Kegiatan ini semestinya sangat dibutuhkan bagi kita semua. Dengan tema pelatihan peningkatan kreatifitas siswa dengan tiedye menggunakan totebag. Seperti sekarang ini, dampak pandemi yang sangat merugikan orang banyak, sehingga setelah kegiatan ini, siswa diharapkan mampu berkreasi dan dapat membuka lapangan pekerjaan,” ujar Kepala Sekolah SMK Sirajul Falah Parung Bapak Madro’i, S.pd,.M.Pd.

“PKM dengan tema pelatihan peningkatan kreatifitas siswa dengan totebag ini diharapkan mampu mengembangkan kreatifitas siswa sebagai sarana untuk pengembangan bakat dan minat. Selain itu juga dapat melatih keterampilan siswa dalam mengasah kemampuan yang kalian miliki, ” tutur Bapak Heri Indra Gunawan, S.pd,.M.Pd, dalam sambutannya.

Pelaksanaan PKM ini dibagi menjadi dua yaitu kegiatan pemberian teori yang disampaikan oleh pemateri Diah dan Putri yang mengulas kreatifitas tiedye dengan totebag untuk meningkatkan kreatifitas siswa di SMK Sirajul Falah Parung guna mengurangi limbah plastik. Kegiatan yang kedua yaitu kegiatan praktik dimana siswa membuat tiedye dengan menyemprotkan pewarna secara langsung didampingi mahasiswa praktikan dari Universitas Pamulang.

Harapannya dengan pelaksanaan PKM ini mahasiswa tidak hanya membantu sekolah dalam proses pembelajaran saja, tetapi membantu guru dalam proses pembentukan karakter siswa dengan kreatifitas. Semoga dengan kreatifitas dapat membantu siswa memperoleh prestasi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *