DAUR ULANG BAHAN BEKAS PENGGULUNG KAIN MENJADI CELENGAN AKHIRAT UNTUK MENGASAH KREATIVITAS DAN MOTIVASI SISWA UNTUK MENABUNG DI MTS NURUL IMANAL-BARKAH CIPONDOH-KOTA TANGERANG

Tangerang Selatan- Sampah merupakan hal yang sangat sepele apabila hanya dilihat sepintas, kita hanya tinggal membuangnya ke tong sampah. Namun apabila dilihat ulang, sampah merupakan hal yang sangat penting. Pencemaran akibat sampah bukan saja terhadap tanah, tetapi juga terhadap udara dan air (Bagus, 2002). Bahkan pengelolaan sampah yang tidak tepat dapat menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan seperti banjir. Oleh sebab itu, perlu adanya pengelolaan sampah yang tepat untuk meminimalisir permasalahan lingkungan.

Minimnya pemanfaatan sampah dari bahan bekas penggulung kain tersebut, salah satunya disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat dalam mengolah atau mendaur ulang sampah tersebut. Oleh sebab itu, kegiatan yang bersifat edukasi terkait bagaimana cara memanfaatkan sampah menjadi produk yang kreatif dirasa perlu dilakukan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengasah kreativitas siswa dalam mendaur ulang bahan bekas penggulung kain menjadi celengan unik dan meningkatkan movitasi siswa untuk menabung khususnya di MTS Nurul Iman Al-Barkah Cipondoh-Tangerang.

Tema yang diangkat PKM ini ialah Daur Ulang Bahan Bekas Penggulung Kain Menjadi Celengan Akhirat Untuk Mengasah Kreatifitas Dan Motivasi Siswa Untuk Menabung Di MTS Nurul Iman Al-Barkah Cipondoh-Kota Tangerang. Kegiatan PKM ini akan dilaksanakan pada Hari Sabtu 06 Maret 2021 dengan pembicara Muhamad Ikmal,Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Mahasiswa ini dilakukan kepada siswa/siswi kelas VII dan VIII MTS Nurul Iman Al-Barkah Cipondoh- Kota Tangerang yang berjumlah 35 orang.

Kepala Yayasan  MTS Nurul Iman Al-Barkah yaitu A.Rofi’uddin HA S.sos M.Pd.I dalam sambutannya mengatakan bahwa “Program PKM ini merupakan program kampus yang sangat bagus dan dibutuhkan”, apalagi dengan tema yang seperti ini tentunya menambah inovasi baru untuk mengasah kreativitas siswa dalam mendaur ulang bahan bekas penggulung kain menjadi celengan dan meningkatkan motivasi siswa untuk menabung di MTS Nurul Iman Al-Barkah. Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan PKM ini, dan bertrimakasih kepada dosen pembingmbing yaitu ibu DR.Surasni M.pd yang mana selalu memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa.

Pendidikan merupakan modal pokok dalam kehidupan.Oleh sebab itu program PKM ini perlunya dukungan, karena ini untuk pembelajaran untuk mahasiswa dalam membuat suatu pelatihan atau sosialisasi.Dari sini mahasiswa bisa belajar lebih dalam dan dapat mengembangkan suatu ilmu untuk lebih baik lagi kedepannya dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan terlaksananya PKM ini dengan lancar dan sukses tanpa hambatan ujar DR.Surasni M.Pd selaku dosen pembimbing PKM mahasiswa.

Adapun kegiatan PKM ini dilakukan dengan beberapa tahapan-tahapan yaitu : 1) penyuluhan, 2) demonstrasi, 3) pemberian bantuan alat, 4) praktek 5) evaluasi. Pada tahap pertama, pemateri yaitu Muhamad Ikmal memberikan penyuluhan kepada peserta tentang potensi pemberdayaan bahan bekas dan pentingnya menabung sejak dini. Pada tahap kedua, tim pelaksana PKM mendemonstrasikan tips daur ulang bahan bekas penggulung kain menjadi celengan sederhana dan unik dengan mengenalkan kepada peserta alat dan bahan yang digunakan serta cara membuatnya. Tahap ketiga, tim pelaksana PKM memberikan bantuan berupa alat, perlengkapan, dan bahan-bahan yang dibutuhknan dalam proses pembuatan celengan seperti : gunting, pulpen, kardus bekas, bahan bekas penggulung kain, lem dll. Tahap keempat, tim pelaksana PKM memberikan kesempatan begi peserta untuk memperaktekan pengetahuan yang telah diperoleh tentang pembuatan celengan dengan bahan dasar bekas penggulung kain. Pada saat praktik, peserta didampingi oleh tim pelaksana PKM. Hal ini dilakukan untuk membantu peserta apabila menemui kendala dalam proses pembuatannya. Tahap kelima, tim pelaksana PKM melakukan evaluasi hasil kegiatan dengan menilai proses serta kualitas produk yang dihasilkan. Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan kegiatan PKM ini dan sekaligus untuk mengetahui kelayakan untuk tetap diimplementasikan secara konsisiten oleh peserta setelah mengikuti kegiatan PKM.

Diantaranya sebagai pemateri yaitu Muhamad Ikmal,MC yaitu Asep Lukman,Doa dan penutup yaitu Dzaky Muhammad Fatih serta dibantu oleh operator yaitu Ade Firman Nurfurqon dan Risman Jaelani.

Dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan peserta memahami tentang; Manfaat mendaur ulang sampah bekas penggulung kain,manfaat menabung sejak dini bagi masa depan,cara menabung secara konsisten. Peserta memiliki keterampilan dalam mendaur ulang bahan bekas penggulung kain menjadi celengan unik dan kreatif serta siswa diharapkan dapat lebih termotivasi untuk menabung sejak usia dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *