SOSIALISASI MEMBUAT HAND SANITIZER BERBAHAN ALAMI LIDAH BUAYA PADA GURU DI SMP AN NURMANIYAH (YAPERA)

Tangerang Selatan- Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa sebagai bentuk pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya yang langsung ditujukan kepada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilatar belakangi oleh berbagai masalah yang ada di masyarakat, seperti minimnya pengetahuan terhadap penggunaan teknologi dengan baik, ketidakmapanan masyarakat terhadap pembangunan kehidupan pribadi/keluarga/masyarakat dalam menghadapi kemajuan zaman, potensi masyarakat yang masih kurang dalam memanfaatkan sumber daya alam dilingkungannya dan sebagainya.

Tema yang diangkat dalam PKM ini ialah Sosialisasi Membuat Hand Sanitizer Berbahan Alami Lidah Buaya Pada Guru SMP An Nurmaniyah (Yapera). PKM ini dilaksanakan pada Selasa 16 Maret 2021, dengan pembicara Yusuf Fabian Riswandi dan Indri Nopiah. PKM ini diikuti kurang lebih 30 peserta yang terdiri dari para guru dan mahasiswa.

Kepala Sekolah SMP An Nurmaniyah (Yapera) dalam sambutannya mengatakan bahwa PKM ini merupakan program kampus yang sangat kami butuhkan, apalagi dengan tema yang tepat pada masa pandemi seperti ini. Yang dimana para guru harus mempunyai hand sanitizer sendiri-sendiri. Dengan berbahan alami dan mudah ditemukan alat dan bahannya, para guru bisa mencoba sendiri dirumahnya masing-masing. Dan biayanya yang cukup murah.

Pendidikan merupakan modal pokok dalam kehidupan. Oleh sebab itu program PKM ini perlunya dukungan, karena ini untuk pembelajaran untuk mahasiswa dalam membuat suatu pelatihan atau sosialisasi. Mulai dari sini mahasiswa bisa belajar bagaimana caranya berinteraksi kepada guru-guru, dosen pembimbing dan juga kepala sekolah. Bahwa bagaimana sistem terlaksana nya PKM ini sehingga sampai saat ini mereka sudah berhasil membuat acara PKM ini hingga sukses. Ujar Dr. Surasni, M.Pd selaku dosen pembimbing PKM Mahasiswa.

Pelaksanaan PKM ini dibagi dalam dua konsep yakni secara presentasi dan video. Yang pertama dengan media PPT yang disampaikan oleh Pemateri 1 saudara Yusuf Fabian Riswandi dan Pemateri 2 Indri Nopiah. Kedua pemateri saling mengisi dan juga diakhir presentasi, ada juga video pembuatan hand sanitizer tersebut yang dimana akan lebih jelas para guru-guru untuk melihat detail cara pembuatan hand sanitizer berbahan alami tersebut. Lalu di acara PKM ini ada juga MC yaitu Nathasya Zahra Damayanti, Pembaca Do’a sekaligus operator yaitu Aulia Luqmansyaf serta dokumentasi sekaligus Ketua PKM yaitu Indah Sari Kuswanti.

Harapannya dengan adanya pelaksanaan PKM ini, para guru-guru disekolah SMP An Nurmaniyah (Yapera) segera mencoba dan mempraktikannya dirumah mereka masing-masing. Dan semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *