PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN PEMBELAJARAN GURU SELAMA PANDEMI COVID-19

Tangerang Selatan- Sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan menyalurkan bantuan adaptasi teknologi guna menunjang kegiatan pembelajaran guru selama pandemi covid-19 ini, para mahasiswa praktikan PPL di SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan dan mahasiswa rekognisi di MTs/MA Ar-Rosyidiyah menginisiasi untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM yang dilaksanakan ini merupakan bentuk integrasi yang dilakukan program studi dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Tema yang diangkat dalam PKM ini ialah Pelatihan Pembuatan Media Interaktif sebagai Penunjang Kegiatan Pembelajaran Guru Selama Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Ar-Rosyidiyah, Cikupa, Kabupaten Tangerang. PKM ini dilaksanakan pada Sabtu, 20 Maret 2021, dengan pembicara Sri Astuti dan Eli Setyowati. PKM ini diikuti kurang lebih 19 peserta yang terdiri dari para guru dan mahasiswa.

Kepala Sekolah di Pondok Pesantren Ar-Rosyidiyah dalam sambutannya mengatakan bahwa “ bersyukur dengan adanya program PKM ini yang diadakan di pondok pesantren dan sangat dibutuhkan, dan berterimaksih karena telah memperkenalkan Pondok Pesantren Ar-Rosyidiyah kepada Universitas Pamulang, dan membawakan program PKM ini dengan tema yang sangat bermanfaat bagi guru-guru di pondok ini.”

Ucapan  rasa terima kasih karena telah memberikan izin dan kesempatan kepada anak didik kami untuk memberikan pelatihan kepada Guru di Yayasan Ar-Rosyidiyah, yang perlu di ingat bahwa meskipun pendidikan mengikuti zaman yang terus berkembang namun tidak merubah sikap dan berprilaku baik siswa (adab dulu baru ilmu). Ujar Nasmal Hamda, S.Pd.,M.Pd selaku Dosen Pembimbing PKM mahasiswa.

PKM ini dibagi dalam dua konsep yakni secara teoritis pembuatan media interaktif yang disampaikan oleh Sri Astuti yang mengulas secara garis besar konsep-konsep media interaktif yang spesifiknya ialah video pembelajaran, serta praktisnya disampaikan oleh Eli Setyowati dalam pembuatan video pembelajaran ini. Kedua pemateri saling mengisi dan membimbing para guru di Pondok Pesantren Ar-Rosyidiyah yang tentunya dibantu juga oleh mahasiswa lain selaku anggota PKM ada Siti Jayanti Mandasari, dan Emi Wahyuningsih

Harapannya dengan pelaksanaan PKM ini mahasiswa tidak hanya membantu sekolah dalam proses pembelajaran saja, namun lebih kompleks pada pengembangan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Semoga kualitas pendidikan akan semakin baik dan berkembang sehingga lebih memotivasi peserta didik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *