PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PROGRAM MICROSOFT POWERPOINT BAGI GURU DI SMK YPUI PARUNG

Tangerang Selatan, sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam rangka meningkatkan kualitas dan menyalurkan bantuan adaptasi teknologi guna menunjang prosesi belajar mengajar yang bervariasi khususnya di era pandemi covid-19 ini, para mahasiswa praktikan di SMK YPUI Parung menginisiasi untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa. PKM yang dilaksanakan ini merupakan bentuk integrasi yang dilakukan program studi dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Tema yang diangkat dalam PKM ini ialah Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Program Microsoft Powerpoint Bagi Guru di SMK YPUI Parung, Bogor. PKM ini dilaksanakan pada Rabu, 17 Maret 2021, dengan pembicara Anggi Novita Putri dan Sumar. PKM ini diikuti kurang lebih 30 peserta yang terdiri dari para guru mata pelajaran, hingga staff administrasi

Kepala Sekolah SMK YPUI Parung dalam sambutannya mengatakan bahwa “Program PKM ini merupakan program kampus yang sangat kami butuhkan, apalagi dengan tema yang tepat seperti ini tentunya menambah inovasi baru pada prosesi pembelajaran yang dilaksanakan serta menambah motivasi belajar siswa ketika pelaksanaan video converence baik melalui zoom, meet, atau lain sebagainya. Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan PKM ini, salut untuk para mahasiswa semangat juangnya sangat tinggi untuk membantu guru-guru di sini dalam adaptasi teknologi”

Pendidikan merupakan modal pokok dalam kehidupan. Oleh sebab itu, pembangunan dan pemerataan pendidikan perlu dilaksanakan secara sinergis dan berkualitas. Hal ini perlu didukung dengan komitmen yang kuat untuk meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang bermutu dan kompetitif. Oleh karena itu potensi wilayah alam dan potensi sumber daya manusia perlu dikelola dengan baik, jelas dan terarah, karena secara otomatis akan menjadi investasi jangka panjang (long term invesment) pembangunan manusia dan peradaban bangsa yang besar. Ujar Heri Indra Gunawan, S.Pd., M.Pd selaku dosen Pembimbing PKM Mahasiswa.

Pelaksanaan PKM ini dibagi dalam dua konsep yakni secara teoritis pembuatan media interaktif yang disampaikan oleh Anggi Novita Putri yang mengulas secara garis besar konsep-konsep media pembelajaran interaktif yang spesifiknya ialah PPT interaktif, serta praktisnya disampaikan oleh Sumar dalam pembuatan media PPT interaktif ini. Kedua pemateri saling mengisi dan membimbing para guru di SMK YPUI parung yang tentunya dibantu juga oleh mahasiswa lain selaku anggota PKM ada Adelia Retno Putri, Heni Pratiwi, Jenal Mutaqin, dan Kiki Yulisti Savitri.

Harapannya dengan pelaksanaan PKM ini mahasiswa tidak hanya membantu sekolah dalam proses pembelajaran saja, namun lebih kompleks pada manajerial sekolah dan adaptasi teknologi. Semoga kualitas pendidikan akan semakin baik dan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *