Peberdayaan Kreativitas Mahasiswa dalam Pembuatan Hand Sanitizer dan Pembagian Masker untuk Membantu Siswa/i dalam Pencegahan Penularan Covid 19 di SMK PGRI 31 Legok

Tangerang Selatan- Program pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu  program  yang  wajib  dilaksanakan,  baik oleh dosen maupun  oleh  tim  mahasiswa  dengan  cara  menyalurkan  ide-ide  kreatif  mahasiswa/i  yang  nantinya  bisa  untuk   meningkatkan  pemberdayaan  masyarakat.  Para   mahasiswa/i praktikan di SMK PGRI 31 Legok melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bentuk integrasi yang dilakukan program studi dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan.

Tim mahasiswa memilih kegiatan PKM dengan tema PEMBERDAYAAN KREATIVITAS MAHASISWA DALAM PEMBUATAN HAND SANITIZER DAN PEMBAGIAN MASKER UNTUK MEMBANTU SISWA/I DALAM PENCEGAHAN PENULARAN COVID 19. PKM ini dilaksanakan pada Rabu, 29 Maret 2021, dengan pembicara Didin Mahpudin dan Anis Fitriana. PKM ini diikuti kurang lebih 15 peserta yang terdiri dari Siswa Kelas 11 dan 12, Waka Kurikulum, Humas, dan guru staf administrasi.

Dalam sambutannya wakil kepala sekolah SMK PGRI 31 Legok yaitu Bapak Adang, S. Ag. menuturkan bahwa “program PKM ini sangat ditunggu-tunggu oleh pihak sekolah, alhamdulillah mahasiswa PKM yang tentunya insya Allah bermanfaat khususnya bagi anak-anak siswa kelas 11 dan 12 yang pada kesempatan hari ini hadir. Dan ini merupakan ilmu dan informasi agar bisa dicermati karena ilmu itu semakin banyak dikembangkan maka akan semakin berkembang. Terimakasih kepada para mahasiswa yang mau berinovasi dan mengembangkan untuk menjadi lahan atau ladang usaha kedepan. Mudah-mudahan ilmu dari kakak mahasiswa dapat dikembangkang, bisa ditularkan dan bisa dimodifikasi oleh adik-adik siswa SMK PGRI 31 Legok ini.

(Didin Mahpudin) Saya selaku ketua pelaksana di acara pengabdian kepada masyarakat ini mengucapkan terimakasih kepada seluruh siswa/i  yang hadir dalam acara ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah khususnya kepada Pak Adang selaku waka kurikulum dan juga Pak Roy selaku Humas, yang sudah hadir serta mendukung dan membantu dalam penyelenggaraan acara ini. Tujuan menyelenggarakan acara ini, yaitu karena di saat kondisi sekarang ini di Negara Indonesia, khususnya di wilayah Legok ini sedang terjadi wabah virus corona (covid19). Oeh karena itu, kita perlu mengetahui bahaya dan cara menghindari terjangkitnya atau terpaparna virus corona ini. Dengan cara membuat hand sanitizer berbahan alami secara mandiri. Maka dari itu mari kita ikuti acara ini dengan baik agar dapat berlangsung dengan baik dan lancar,dan kita dapat memetik manfaatnya.

Pelaksanaan PKM ini dibagi dalam dua konsep yakni secara teoritis Materi tentang Virus corona atau covid 19 yang disampaikan oleh Didin Mahpudin yang mengulas secara garis besar penebab terpaparnya dan cara mencegah terpaparnya virus corona (Covid 19), serta praktisnya disampaikan oleh Anis Fitriana dalam pembuatan hand sanitizer ini.

Kedua pemateri saling mengisi dan membimbing para Siswa di SMK PGRI 31 Legok yang tentunya dibantu juga oleh mahasiswa lain selaku anggota PKM ada Dewi Kurnia, Ani Mahrani, dan Rahmawati. Disini siswa mempraktekkan membuat hand santizer sesuai apa yang sudah di sampaikan atau dicontohkan oleh Anis fitirana.

Harapan dari pelakasanaan PKM ini, para siswa disekolah SMK PGRI 31 dapat mencoba dan mempraktikkannya dirumah masing-masing. Dengan begitu para siswa dapat menyadari akan pentingnya kebersihan. Dan juga dapat siswa dapat memanfaatkan bahan alami untuk membuat antiseptik secara mandiri guna dengan adanya pemanfaatan bahan alami dalam pembuatan hand sanitizer dapat membantu para siswa/i dalam pencegahan penularan covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *