SOSISALISASI MENGINDARI DAMPAK AKSES SOSIAL MEDIA TERHADAP FOKUS KONSENTRASI BELAJAR DARING DIMASA PADEMI DI SMP ISLAM NURUL HIDAYAH.

Tangerang selatan, Saat ini teknologi informasi (IT) atau akses sosial media sudah menjadi gaya hidup bagi sebagain besar, khusus nya para pelajar di masa pandemi ini kegaiatan belajar mengajar dilakukan memalui daring atau online, sosial media memiliki dua sisi mata uang yang dapat memberikan dampak baik juga buruk jika tidak tahu bagaimana menyaring informasi yang ada didalamnya. Sosial media dapat menjadi wadah untuk menyalurkan kreatifitas, internet dapat bermanfaat sebagai sarana pembelajaran yang interaktif untuk berbagai bidang, namun penggunaan nya haruslah sehat dan aman.

Sebagai bentuk kepedulian mahasiswa pendidikan ekonomi universitas pamulang, mahasiswa praktikan di SMP Islam Nurul Hidyah, menginisiasi untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Sosisalisasi  Mengindari Dampak Akses Sosial Media Terhadap Fokus Konsentrasi Belajar Daring Dimasa Pademi Di Smp Islam Nurul Hidayah.”.PKM  ini merupakan bentuk integrasi yang dilakukan program studi pendidikan ekonomi dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan(PPL) yang bertujuan untuk menghindari dampak sosial media tersebut sebagai bentuk implementasi dari berkembangnya teknologi pendidikan dan diharapkan siswa/i juga menjadi lebih termotivasi dalam     mengikuti pembelajaran daring atau online.

Kegiatan PKM ini  mengankat tema Sosisalisasi  Mengindari Dampak Akses Sosial Media Terhadap Fokus Konsentrasi Belajar Daring Dimasa Pademi Di Smp Islam Nurul Hidayah.”. dilaksanakan pada  jum’at siang hari pukul 13:00 sd 15:00 dengan pembicara Nuraeni, Pada pelaksanaan kegiatan PKM ini diikuti oleh Siswa, guru pamong PPL , dan Kepala Sekolah. Pelaksanaan dilakukan dengan peserta yang terbatas karena dilaksanakan pada masa Pandemi Covid-19 dan yang hadir dalam kegiatan PKM ini terdiri dari 15 orang Siswa SMP Islam Nurul Hidayah, 1 Guru dan kepala sekolah.

Kepala sekolah SMP Islam Nurul Hidayah dalam sambutannya mengatakan bahwa “dengan adanya program PKM ini kami berharap siswa/i dapat termotivasi dan mendapat pengetahuan tambahan mengenai penggunaan sosial media”

Kegiatan sosialisasi ini ternyata mendapatkan respon yang baik dari seluruh pihak. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk sosialisasi tentang menghindari dampak akses sosial media terhadap fokus konsentrasi belajar daring di masa pandemi di SMP Islam Nurul Hidayah,dapat disimpulkan:

  1. Memberikan pengetahuan tentang media sosial kepada siswa/i merupakan sebuah langkah yang sangat baik untuk membekali para siswa/i dalam penggunaan media sosial.
  2. Dengan mengetahui dampak penggunaan media sosial, para siswa/i dapat membatasi penggunaan media sosial.
  3. Dengan bekal pengetahuan yang diperoleh melalui kegiatan sosialisasi, para siswa/i diharapkan dapat menggunakan media sosial yang baik dan bermanfaat sebagai sumber informasi dalam menunjang kegiatan proses belajar.

Diharapkan kegiatan sejenis ini dapat dilakukan pada sekolah lain, mengingat sebagian besar pemilik/ pengguna gadget (media sosial) tidak pernah mendapatkan soialisasi mengenai dampak negatif media sosial. dikhawatirkan kondisi ini akan menyebabkan siswa mudah terpapar dampak negatif media sosial.