PELATIHAN PEMBUATAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GURU DI SMPN 21 TANGERANG SELATAN

Tangerang Selatan – Sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dimasa pandemi, para mahasiswa praktikan PPL di SMP Negeri 21 Tangerang Selatan melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam upaya meningkatkan literasi digital guru di SMP Negeri 21 Tangerang Selatan. Hal ini didedikasikan oleh mahasiswa sebagai penyaluran bantuan dalam pemanfaatan teknologi guna menunjang kegiatan pembelajaran guru juga untuk mempermudah pembelajaran selama pandemi covid-19 ini. Tema yang diangkat dalam PKM ini ialah Pelatihan Pembuatan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru Di Smpn 21 Tangerang Selatan dan dilaksanakan pada Kamis, 8 April 2021 dengan Riki Ariyanto sebagai narasumbernya dan diikuti oleh 10 peserta yang terdiri dari para guru.

Kepala Sekolah di SMP Negeri 21 Tangerang Selatan dalam sambutannya mengatakan bahwa “sangat berterima kasih atas adanya program PKM ini karena telah memperkenalkan dan berbagi ilmu dalam pemanfaatan teknologi sebagai penunjang pembelajaran, sehingga diharapkan dapat membantu para guru dalam menyusun media pembelajaran yang kreatif, inovatif dan mudah dipahami serta harapannya dapat diminati oleh siswa”.

Di masa pandemi covid-19 seorang pendidik dituntut untuk membuat media pembelajaran secara kreatif dan inovatif sehingga minat belajar siswa dirumah yang dilaksanakan secara daring dapat terlaksana dengan baik dan tujuan daripada pembelajarannya dapat tercapai dengan maksimal. Pelaksanaan PKM di bagi dua sesi yakni sesi pertama berupa paparan materi yang di sampaikan oleh Riki Ariyanto kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yakni praktek dalam pembuatan buku saku digital sampai dengan menconvertnya kedalam bentuk aplikasi yang dibantu oleh Mohamad Sukron sebagai asisten daripada narasumber dan juga oleh mahasiswa lain sebagai anggota yaitu Citra Dara Fakhirah, Sascia Putri Rachmayanti, Nurul Fadhilah dan Mohamad Ikhwanissalam. Dalam pemaparannya narasumber menyampaikan materi tentang pembuatan buku saku digital dimulai dengan pembuatan materi menggunakan power point 2016 yang di dalamnya terdapat efek dan animasi sebagai dasar buku saku digital, dilanjutkan tahap selanjutnya yaitu proses publish power point menggunakan aplikasi i-spring free sehingga format power point berubah menjadi html, dan tahap terakhir yaitu convert power point menjadi format apk atau apliakasi yang dapat diinstal di android menggunakan aplikasi website2 apk builder.

Harapannya dengan pelaksanaan PKM ini mahasiswa dapat berkontribusi terhadap sekolah dan terutama kepada para guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang berbasis android dimana nantinya dapat diakses oleh siswa melalui perangkat Hp yang berbasis android dan dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar. Semoga kualitas pendidikan akan semakin baik dan berkembang sehingga lebih memotivasi peserta didik agar lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.