PEMANFAATAN KERTAS NASI UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN

Tanggerang Selatan, sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam rangka mengembangkan kreativitas dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan khususnya di era pandemi covid-19 ini, para mahasiswa praktikan di MTs Sirajul Falah Parung menginisiasi untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa. PKM yang dilaksanakan ini merupakan bentuk integrasi yang dilakukan program studi dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Tema yang diangkat dalam PKM ini ialah Pemanfaatan Kertas Nasi Untuk Mengembangkan Kreativitas dan Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di MTs Sirajul Falah Parung, Bogor. PKM ini dilaksanakan pada Sabtu, 27 Maret 2021, dengan pembicara Lailla Matovani dan Rika Novi Yanti. PKM ini diikuti kurang lebih 25 peserta yang terdiri dari para Peserta didik.

Kepala Sekolah MTs Sirajul Falah Parung dalam sambutannya mengatakan bahwa “Program PKM ini merupakan program kampus yang sangat peserta didik butuhkan, apalagi dengan tema yang tepat seperti ini tentunya bisa menambah pengalaman dan membuka wawasan peserta didik apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Hal ini bisa mengembangkan kreativitas peserta didik dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan mereka sejak dini. Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan PKM ini”.

“Kegiatan PKM dengan tema Pemanfaatan Kertas Nasi Untuk Mengembangkan Kreativitas dan Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan ini diharapkan mampu mengembangkan kreatifitas peserta didik sebagai sarana untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Selain itu juga dapat melatih keterampilan peserta didik dalam mengasah kemampuan yang dimilikinya dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini sebagai modal awal di masa depan setelah menyelesaikan jenjang pendidikan”. Tutur Lailla Matovani dalam sambutannya selaku Ketua pelaksana kegiatan PKM.

Pelaksanaan PKM ini dibagi dalam dua sesi yakni secara teoritis penyampaian materi tentang kreativitas dan Kewirausahaan yang disampaikan oleh Lailla Matovani kemudian disambung kegiatan praktiknya tentang pembuatan kerajinan tangan yang memanfaatkan kertas nasi dan disampaikan oleh Rika Novi Yanti. Kedua pemateri saling mengisi dan membimbing para peserta didik di MTs Sirajul Falah parung yang tentunya dibantu juga oleh mahasiswa lain selaku anggota PKM seperti Putri Saipah dan Mastuani.

Harapannya dengan pelaksanaan PKM ini mahasiswa tidak hanya membantu sekolah dalam proses pembelajaran saja, tetapi juga dapat membantu guru dalam proses pembentukan karakter peserta didik dengan mengembangkan kreatifitas dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta didik.