KENALI DIRI, TINGKATKAN POTENSI DAN RAIH PRESTASI MADRASAH ALIYAH AL-MUHTADI

Tangerang Selatan, sebagai bentuk kepedulian mahasiswa pendidikan Ekonomi dalam rangka meningkatkan motivasi siswa. Para mahasiswa praktikan di MA AL-MUHTADI berinisiatif untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM yang diadakan berupa workshop. Pemaparan materi akan disampaikan oleh Bapak Kharisma Danang Yuangga, S.Pd., M.Pd yang mahasiswa Praktikan datangkan langsung dari Universitas Pamulang yang merupakan dosen dari Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tema yang diangkat dalam PKM ini ialah Kenali Diri, Tingkatkan Potensi dan Raih Prestasi. Tema ini diambil untuk  Meningkatkan Motivasi Siswa/siswi MA AL-MUHTADI dalam Mengenali Diri, Meningkatkan Potensi dan Meraih Prestasi. PKM ini dilaksanakan pada Kamis, 21 Oktober 2021, dengan pembawa acara Rosanti dan Pemapar materi Bapak Kharisma Danang Yuangga, S.Pd., M.Pd. PKM ini diikuti 24 siswa/siswi MA Al-Muhtadi yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII IPS.


Kepala sekolah MA Al-Muhtadi dalam sambutannya mengatakan  “Terimakasih kepada dosen dan mahasiswa PPL Universitas Pamulang yang telah mengadakan acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kami sangat mengapresiasi kepada mahasiwa PPL Universitas Pamulang yang telah melaksanakan kegiatan PKM ini yang sangat bermanfaat bagi siswa/siswi MA Al-Muhtadi. Melalui kegiatan Workshop PKM ini diharapkan dapat memberikan wawasan, pembekalan dan potensi kreativitas siswa/siswi MA Al-Muhtadi  dalam mengenali dirinya, meningkatkan potensi dan meraih prestasi. Kami selaku pihak sekolah mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penyambutan atau sesuatu hal yang tidak berkenan dihati  mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya”.

Pendidikan merupakan modal pokok dalam kehidupan. dengan diadakannya workshop PKM ini dapat bermanfaat untuk memberikan sebuah pengetahuan kepada siswa/siswi MA AL-MUHTADI bahwasannya Sumber Daya Manusia (SDM) Negara Indonesia tidak kalah dengan negara lain. Pelaksanaan PKM ini dilaksanakan dengan konsep workshop. Workshop PKM ini diawali dengan pengenalan MC yaitu Rosanti selaku Ketua PKM, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh siswa MA Al-Muhtadi kelas X IPS yaitu Aldiyansah kemudian sambutan-sambutan dari Kepala MA Al-Muhtadi Bapak Iip Lutpi, S.P dan sambutan dari Bapak Nasmal Hamda, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing mahasiswa PKM dan acara inti dari kegiatan workshop yaitu pemaparan materi oleh Bapak Kharisma Danang Yuangga, S.Pd., M.Pd. Dalam kegiatan PKM tersebut anggota PKM yaitu, Sindi Nurfatika sebagai seksi dokumentasi, Nurafni Afidah seksi konsumsi, Bima Anjasmara Oki dan Dimas Dwicahya Putra sebagai seksi perlengkapan.

Harapannya dengan pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa workshop ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan sebuah pengetahuan kepada siswa/siswi MA AL-MUHTADI  tentang pentingnya mengenali diri, meningkatkan potensi dan meraih prestasi serta membuat peserta didik dapat memotivasi diri untuk menghilangkan berbagai mental block atau program pikiran yang selama ini menghambat keberhasilan, menumbuhkan citra diri yang kuat dan positif yang mengekspresikan diri  yang sebenarnya, berhenti memandang kesalahan sebagai kegagalan dan menggunakan kesalahan tersebut sebagai masukan yang berharga dalam menetapkan tujuan serta membantu siswa menjadi lebih aktif untuk meraih prestasi.