MENDAUR ULANG LIMBAH BOTOL PLASTIK MENJADI SUATU KERAJINAN YANG BERMANFAAT SERTA MEMILIKI NILAI JUAL BAGI SISWA DI SMK JOYOREJO PUTAT NUTUG

Tangerang Selatan_Pengabdian kepada masyarakat merupakan implementasi pengalaman ilmu pengetahuan, keterampilan dan seni budaya kepada masyarakat secara kelembagaan melalui ceramah, penyuluhan, pelatihan dan pemberdayaan sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha pemberdayaan masyarakat untuk lebih mandiri, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional.

Program pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip: motivasi pemenuhan kompetensi akademik, jika kewirausahaan (entrepreneurship), dan professional, sehingga dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, relavan, dan sinergis dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

Tepat pada Sabtu 25 September 2021, diadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK Joyorejo Putat Nutug, salah satu sekolah yang berada di Jl Raya Putat Nutug Ciseeng Bogor , Desa Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa/i Program studi Pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Adapun Kegiatan Pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Muhammad Misbakhuddin dan di bantu oleh anggotanya yang antara lain : Een Nuraeni, Nurul Islamiyah, Roidotul Jannah dan Sylvia Indah Pratiwi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini di bimbing oleh Bapak Heri Indra Gunawan, S.Pd,.M.Pd. yang mana dosen pembimbing PPL sekaligus dosen pembimbing PKM Universitas Pamulang. Mengingat kegiatan ini dilakukan saat masih kondisi pandemi Covid-19, kegiatan ini dilakukan dengan membatasi Siswa/i yang ada di SMK Joyorejo Putat Nutug.

Dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, Mahasiswa/i memberikan penyuluhan maupun materi dan tata cara untuk mendaur ulang limbah botol plastik menjadi suatu kerajinan tangan yang bermanfaat dan memiliki nilai jual. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain, “ untuk meminimalisir limbah botol plastik dilingkungan sekitar kita dan meningkatkan Kerajinan yang bermanfaat serta memiliki nilai jual untuk siswa dan siswa SMK Joyorejo Putat Nutug, dengan memanfaatkan limbah botol plastik yang ada disekitar kita dengan mengadakan penyuluhan kepada Siswa-siswi disekolah, harapan dengan adanya kegiatan PKM ini siswa dan siswi lebih bisa memanfaatkan limbah botol plastik menjadi suatu kerajinan yang bermanfaat serta memiliki nilai jual selain itu bisa sekaligus meminimalisir limbah botol plastik yang ada disekitar kita dengan mendaur ulangnya, jika limbah botol plastik tersebut bisa dibuat sekreatif mungkin dan bisa menjadi suatu barang yang bermanfaat maka limbah botol plastik tersebut bisa dijual, dengan itu siswa dan siswa bisa menjadi wirausaha muda.

Untuk menguraikan suatu sampah plastik itu sendiri membutuhkan kurang lebih 80 tahun agar dapat terdegradasi secara sempurna. Oleh karena itu penggunaan dari bahan plastik dapat dikatakan tidak bersahabat. Sedangkan pada di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya kita yang berada di Indonesia. Penggunaan dari bahan plastik, misal botol minuman dan kantong belanjaan bisa kita temukan hampir  pada seluruh aktivitas. Seiring dengan perkembangan suatu teknologi, kebutuhan akan plastik terus meningkat drastis. Buktinya adalah semakin banyak jumlah makanan dan minuman konsumsi kita menggunakan bahan pembungkus plastik. Sebagai konsekuensinya itu, peningkatan suatu limbah plastik pun tidak terelakkan. Komposisi suatu sampah atau limbah plastik yang dibuang oleh setiap rumah tangga adalah sekitar 9,3% dari total sampah rumah tangga.

Sebagai akademisi dan bagian dari calon tenaga pendidik yang mempunyai kewajiban meningkatkan kreatifitas anak bangsa, maka kami juga harus memikirkan dan membantu siswa untuk sharing terkait mendaur ulang limbah botol plastik menjadi suatu kerajinan yang sangat bermanfaat serta memiliki nilai jual. Penyuluhan yang akan dilaksanakan di kalangan Siswa-siswi SMK Joyorejo Putat Nutug ini dimaksudkan untuk berbagi pengetahuan dan keilmuan yang memanfaatkan limbah-limbah botol plastik dilingkungan sekitar kita.

Dari kegiatan  pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan siswa dan kita semua dapat lebih kreatif dalam memanfaatkan dan mendaur ulang limbah botol plastik agar mengurangi sampah botol plastik dan juga mengurangi penumpukan sampah botol plastic yang dapat menyebabkan sumber penyakit dan banjir.