PENGEMBANGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA MELALUI PRODUK KREATIF BOUQUET SNACK DI SMK AL FALAH

Tangerang Selatan, sebagai bentuk kepedulian mahasiswa pendidikan Ekonomi dalam rangka meningkatkan kualitas dan menyalurkan bantuan adaptasi mengenai produk kreatif yang dapat menunjang siswa untuk kreatif khususnya di era pandemi Covid 19 ini. Para mahasiswa Praktikan di SMK AL-FALAH menginisiasi untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ). PKM yang dilaksanakan ini merupakan bentuk integrasi yang dilakukan program studi dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Tema yang diangkat dalam PKM ini ialah Pelatihan Pembuatan Produk Kreatif yaitu Bouquet Snack Bagi siswa di SMK Al Falah. PKM ini dilaksanakan pada Jum’at 8 Oktober 202, Dengan pembicara Nur Amalia dan Bella Safira. PKM ini Diikuti kurang lebih 29 Siswa yang terdiri dari siswa kelas X,XII Dan XII.

Wakil kepala Sekolah SMK Al Falah dalam sambutannya mengatakan bahwa “Terimakasih banyak untuk para Dosen dan Mahasiwa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang yang telah memberikan motivasinya kepada kita semua. Tidak hanya siswa, guru dan warga lingkungan setempat. Kami sangat mengapresiasi kepada mahasiwa telah melaksanan kegiatan PKM ini yang sangat-sangat bermanfaat. Kami mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penyambutan atau sesuatu hal yang tidak berkenan di hati dibukakan maaf yang sebesar-besarnya. Kami sangat mengapresiasi kepada mahasiwa telah melaksanan kegiatan PKM ini yang sangat-sangat bermanfaat.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Merupakan Implementasi dari Mahasiwa pendidikan ekonomi yang memberikan sebagain ilmu dan pengalamannya kepada kalian semua. Pengembangan jiwa kewirausahaan ini diputuskan untuk apa agar siswa khususnya SMK tidak selalu fokus untuk mencari lapangan pekerjaan, tetapi orientasinya sudah berubah menjadi seorang pengusaha. Seorang wirausahawan muda yang bisa sukses nanti kedepannya. Ada banyak produk-produk kewirausahaan dilingkungan sekitar kita. Kalian bisa mengembagkan produk kreatif lainnya, selain bouquet snack yang akan kita praktekan hari ini. Keterampilan yang diberikan kakak-kakak mahasiwa kalian memberikan manfaat dan juga kesempatan yang lebih baik kedepannya. Ujar Purwati Yuni Rahayu S,Pd., M,Pd. Selaku dosen Pembimbing PKM Mahasiswa.

Pelaksanaan PKM ini dibagi dalam dua Konsep yakni secara teoritis pembuatan Bouquet snack yang disampaikan oleh Bella Safira yang mengulas secara garis besar konsep pengemabangan jiwa kewirausahaan melalui produk kreatif Bouquet Snack melalui PPT Interaktif, serta Praktisnya disampaikan oleh Nur Amalia dalam Pembuatan Bouquet Snack. Kedua Pemateri saling mengisi dan membimbing siswa SMK Al-Falah yang tentunya dibantu juga oleh mahasiswa lain selaku anggota PKM Adalah Henny Hernayanti, Maya Pujawati, Siti Imroah.

Harapannya dengan melaksanakan PKM ini Mahasiwa tidak hanya membantu siswa dalam mencari peluang usaha, namun lebih kompleks sekolah. Semoga siswa calon generasi muda dan wirausaha yang akan sukses untuk kedepannya.