Pendidikan Ekonomi Unpam Adakan The First National Conference of Economic Education and Enterpreneurship

Tangerang Selatan – Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang mengadakan 1st NC3E | The First National Conference of Economic Education and Enterpreneurship dengan tema The Challenges and Opportunities of Education in Pandemic Covid-19 pada Sabtu 23 Oktober 2021.

Konferensi nasional daring ini dihadiri 824 peserta dari berbagai universitas baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, 50 peserta dari dosen pendidikan ekonomi dan 21 paper dari 8 PTN/PTS di Indonesia. Konferensi ini diawali dengan doa yang dilantunkan oleh Hasan Amri yang kemudian dilanjutkan laporan oleh ketua pelaksana yakni Ibu Lodya Sesriyani, S.Pd., M.Pd. “Seminar nasional ini harapannya dapat membekali para lulusan nanti untuk lebih berkompeten dan sesuai dengan visi misi lembaga dan prodi pada khsusunya” tututrnya.

Acara dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Drs. Alinurdin, M.Pd dan dibuka oleh Rektor Universitas Pamulang Dr. E. Nurzaman, AM., M.M., M.Si “Konferesnsi yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Ekonomi diharapkan dapat menjadi sarana untuk bertukar ilmu, insight, pengalaman,, serta kekeluargaan tentunya antara PTN dan PTS yang hadir di sini” sambut Dekan FKIP.

Pada sambutannya Rektor Dr. E. Nurzaman, AM., M.M., M.Si mengatakan “konferensi ini merupakan kesempatan yang baik di dalam menemukan solusi khususnya terkait masalah pendidikan dan kewirausahaan di tengah pandemi seperti saat ini supaya generasi penerus dapat lebih kreatif dan termotivasi membangun Indonesia diberbagai sektor yang ada”.

Rangkaian acara diisi oleh pemateri pertama Sherly Annavita Rahmi, S.Sos., M.SIPh. Beliau merupakan dosen dan entrepreneur. Topik yang disampaikan pada acara ini berkaitan dengan Tantangan pendidikan di masa pandemi. “Kita harus berupaya untuk menjadi manusia yang produktif bukan hanya manusia yang sekedar sibuk, karena manusia yang produktif akan lebih terarah dan tertarget, manusia produktif akan lebih smart untuk merealisasikan terget-target yang sudah dirancang” tuturnya

Pemateri kedua Dr. Hari Wahyono, M.Pd merupakan dosen serta peneliti di bidang pendidikan ekonomi membahas topik yang berkaitan dengan Inklusi Pendidikan Ekonomi Ketika Badai Covid-19 Melanda. “Pendidikan harus diarahkan pada pengembangan kapabilitas, yakni suatu kecakapan untuk menggunakan kompetensi dalam menghadapi perubahan dan permasalahan hidup” ujarnya

Pemateri ketiga ialah Bapak Saiful Anwar, S.Pd., S.E., M.Pd yang berprofesi sebagai dosen dan owner Waroeng Sate Garum, topik yang disajikan berkaitan dengan Peluang dan Tantangan dalam UMKM. “Digitalisasi, kolaborasi, pendidikan ekonomi keluarga, suksesi, dan diferensiasi merupakan kunci dalam melaksanakan UMKM” ujarnya.

Pada konferensi ini ditampilkan juga tarian dari mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi dan pengumuman pemenang lomba penyusunan buku pedoman karya mahasiswa.

Konferensi ini dilanjutkan dengan sesi pararel, dimana seluruh peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan dan mendiskusikan hasil penelitian yang mengarah pada pendidikan ekonomi dan enterpreneuership.

Harapannya kedepan konferensi nasional akan terus berlanjut dan dapat menghasilkan solusi di berbagai hal sehingga akan banyak masukan dan peluang untuk menjadi lebih baik ditengah permasalahan yang dihadapai.