PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME“BERMAIN BERSAMA PENGETAHUAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME WORD WALL”

Depok, 04 November 2021. Sebagai kepedulian mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam rangka meningkatkan kualitas dan menyalurkan bantuan adaptasi teknologi guna menunjang prosesi belajar mengajar yang bervariasi khususnya di era pandemic covid-19 ini, para mahasiswa praktikan PPL di SMK ISLAMIYAH SERUA DEPOK menginisiasi untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa. PKM yang dilaksanakan ini merupakan bentuk integrasi yang dilakukan program studi dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Tema yang diangkat dalam PKM ini ialah “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Online yaitu Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall”. PKM ini dilaksanakan pada hari Kamis, 04 November 2021, dengan pembicara Neng Siti Rohimah dan Friska Septiana. PKM ini diikuti kurang lebih 50 peserta yang terdiri dari para guru, dosen dan mahasiswa.

Kepala Sekolah SMK ISLAMIYAH SERUA dalam sambutannya mengatakan bahwa “Kegiatan PKM ini merupakan program kampus yang selalu diadakan setiap kali mahasiswa mitra melakukan praktikan di sekolah ini dan hal ini justru sangat kami butuhkan untuk menambah wawasan bagi para guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Apalagi tema yang diangkat sangat tepat sekali karena dapat menambah inovasi- inovasi baru yang dapat digunakan oleh guru pada saat proses kegiatan belajar mengajar sehingga nanti ketika guru mempraktekan media berbasis Game Online Word Wall ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti pembelajaran serta dapat meningkatan hasil belajar siswa menjadi lebih baik lagi meskipun pembelajaran masih dalam kondisi tatap muka secara terbatas. Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan PKM ini, dan kami mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah memberikan banyak ilmu dan wawasan mengenai media berbasis teknologi ini sehingga nantinya diharapkan guru – guru disini dapat beradaptasi dengan dunia teknologi lebih lues lagi. Semoga ke depannya kita dapat terus bekerja sama dan saya berharap selalu ada mahasiswa setiap semesternya yang PPL di Sekolah ini Terima Kasih.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan implementasi dari para mahasiswa Pendidikan Ekonomi untuk memberikan ilmu atau teori yang telah mereka pelajari di dunia perkuliahan sehingga pada saat ini di praktekan langsung kepada bapak ibu guru semua. Pada kesempatan kali ini tema yang dibahas mengenai media pembelajaran modern yaitu media berbasis game word wall. Yang mana dengan pengangkatan tema ini mudah-mudahan dapat meberikan bekal bagi para guru untuk menggunakan media- media yang bervariasi lagi sehingga tercipta proses kegaiatan pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran lebih baik lagi. Ujar Fika Rahmanita, S. Pd, M.M selaku dosen pembimbing PKM mahasiswa.

Pelaksanaan PKM ini dibagi menjadi dua konsep yakni teoritis dan praktis. Untuk teoritis pembuatan metode berbasis Game Online Word Wall ini disampaikan oleh Neng Siti Rohimah yang menjelaskan secara garis besar penegertian dari media pembelajaran dan media pembelajaran berbasis game serta tujuan dan manfaatnya bagi peserta didik. Adapun untuk prakteknya disampaikan langsung oleh Friska Septiana dalam membuat account dalam media berbasis game word wall beserta Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam membuat soal dalam aplikasi Word Wall. Kedua pemateri saling bekerja sama dan saling mengisi serta saling membimbing para guru – guru di SMK ISLAMIYAH SERUA pada saat praktek penggunaan aplikasi Word Wall yang tentunya pada praktek ini dibantu juga oleh mahasiswa lain selaku anggota PKM yaitu Ockta Viana Dira, Shifa Ayu Shartika, Endar Pahlawan Siregar, Muhammad Reza, dan Siti Nurjanah.

Harapannya dengan pelakasanaan PKM ini mahasiswa tidak hanya membantu sekolah dalam proses pembelajaran saja, namun lebih kompleks pada manajerial sekolah supaya lebih baik lagi dalam beradaptasi dengan dunia teknologi. Semoga kualitas pendidikan di sekolah SMK ISLAMIYAH SERUA ini lebih baik lagi dan terus berkembang serta terus berinovasi.