HIMA Pendidikan Ekonomi Mengawali Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi Secara Luring di Lingkungan Unpam

Tangerang Selatan, Suatu organisasi membutuhkan generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa kepemimpinan, berkarakter, bekerja keras dan mumpuni untuk mencapai visi dan misi yang sudah ditetapkan, oleh karena itu Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Ekonomi mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO) sebagai suatu upaya dalam membentuk kader-kader terbaik dan menyiapkan regenerasi kepengurusan HIMA yang akan datang.

LDKO kali ini mengusung tema “Penanaman Jiwa Kepemimpinan yang Religius, Berkarakter, dan Berintelektual dalam Menghadapi Tantangan di Era Global” Bertempat di kampus Unpam 2 yang ada di Witana Harja, LDKO dilaksanakan selama dua hari yakni pada Sabtu dan Minggu tanggal 7 dan 8 November 2021, mulai pukul 07.00 s.d 17.00 WIB. Peserta yang hadir sejumlah 35 peserta. Adapun pembicara yang mengisi materi pada LDKO ini ialah Bapak Delyuzar Syamsi, S.E., M.BA, Bapak Lollong Manting, S.S., M.M, Bapak Badrus Sholeh, S.Pd., M.Pd, dan Bapak Heri Indra Gunawan, S.Pd., M.Pd. Materi yang diberikan berkenaan dengan Leadership, Psikologi Organisasi, Teknik Persidangan, dan Administrasi Keorganisasian.

LDKO kali ini memang berbeda dengan LDKO sebelumnya dari segi pelaksanaan yang ada pada masa tatap muka terbatas sehingga konsep pelaksanaanyapun menyesuaikan, serta yang paling berkesan ialah ketika HIMA Pendidikan Ekonomi dari kampus lain ikut andil untuk mensuskseskan LDKO kali ini sebut saya HIMA Peko dari UHAMKA yang turut hadir, dan perwakilan seluruh HIMA yang ada di lingkungan Unpam.

Kaprodi Pendidikan Ekonomi Bapak Saiful Anwar, S.Pd., S.E., M.Pd menaggapi positif LDKO ini, beliau mengatakan bahwa  “HIMA merupakan suatu organisasi yang berfungsi sebagai wadah dan ajang berlatih serta belajar bagi mahasiswa/I untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kemandirian sehingga mereka akan lebih siap terjun dan berbaur dengan masyarakat kedepan.”

Hari pertama LDKO di buka secara resmi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan yakni Dr. M. Wildan, S.S., M.A, dalam sambutannya ketika apel berlangsung beliau sangat mengapresiasi langkah HIMA Pendidikan Ekonomi melaksanakan LDKO, “ Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan LDKO HIMA Peko ini, karena LDKO ini merupakan LDKO pertama yang dilaksanakan secara luring di lingkungan Unpam, dan jika ini sukses saya akan memberikan rujukan pada HIMA-HIMA lain untuk meniru dan mencontoh pada HIMA Peko dalam pelaksanaan LDKO yang akan dilaksanakan” Setelah pembukaan secara resmi acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok dan penyampaian materi terkait dengan leadership serta psikologi organisasi, perkenalan kampus dan HIMA,  kemudian ditutup dengan apel sore.

Hari kedua tetap sama dilaksanakan apel pagi dan dilanjutkan dengan games yang memuat kepemimpinan, tanggungjawab, kerjasama, dan lain sebagainya games ini memang menjadi agenda yang penting khusunya untuk melihat bagaimana psikologi dan karakter para peserta. Setelah isoma acara dilanjutkan dengan materi teknik persidangan dan administrasi organsiasi, serta adanya unjuk bakat dan ditutup dengan apel sore sekaligus penutupan.

Ketua pelaksana LDKO Haikal Ibrahim Ahmad juga berharap bahwasannya dengan pelaksanaan LDKO ini peserta yang ikut akan mengenal lebih jauh mengenai organisasi dan kedepan mampu merencanakan serta merealisasikan program-program yang ada. Tentunya kita semua juga memiliki harapan yang sama.

Salam Mahasiswa!