Prodi Pendidikan Ekonomi

cropped-unpam-1.jpeg

VISI MISI Program Studi: Pendidikan Ekonomi

visi-misi-ps-edit
Sasaran:
  1. Meningkatnya kualitas internal sumber daya dosen di bidang pendidikan ekonomi
  2. Mengembangkan kurikulum pendidikan ekonomi yang responsif terhadap perubahan dan sejalan dengan visi dan misi pendidikan ekonomi
  3. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar untuk membentuk pribadi lulusan yang profesional dilandasi dengan nilai humanis dan religius
  4. Menyelenggarakan pembinaan, pengawasan, dan evaluasi yang mendorong pengembangan penalaran dan kreatifitas mahasiswa
  5. Menyelenggarakan pembinaan, pengawasan, dan evaluasi yang mendorong pengembangan minat, bakat dan organisasi mahasiswa
  6. Tersusunnya payung induk penelitian program studi pendidikan ekonomi
  7. Dihasilkannya kajian teoritik dalam rangka pengembangan konsep, paradigma, pendekatan, model, metode, strategi, dan teknik baru dalam bidang pendidikan ekonomi
  8. Menyusun payung induk pengabdian kepada masyarakat program studi pendidikan ekonomi
  9. Meningkatnya kemampuan sumber daya pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya pengembangan guru ekonomi
  10. Meningkatnya kotribusi nyata civitas program studi pendidikan ekonomi di masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan ekonomi
  11. Terlaksananya kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas program studi pendidikan ekonomi
  12. Terlaksananya kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak dalam mengembangkan manajemen sistem informasi
  13. Berfungsinya organisasi ikatan alumni pendidikan ekonomi
  14. Berkembangnya organisasi alumni sampai dengan tingkat kota dan kabupaten
  15. Meningkatnya peran alumni dalam rangka membangun citra program studi pendidikan ekonomi
  16. Terbangunnya sistem dokumentasi tentang aktifitas, hasil karya, sumber daya dan informasi
  17. Terlaksananya evaluasi diri yang menyeluruh secara berkala dan berkelanjutan
  18. Meningkatnya akuntabilitas pengelolaan program studi pendidikan ekonomi
  19. Meningkatnya kualitas sumber daya tenaga kependidikan
  20. Meningkatnya kualitas dan kuantitas sarana dan prasaranan kegiatan administrasi, akademik dan kemahasiswaan.

 

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI S1. PENDIDIKAN EKONOMI

Profil Lulusan Program Studi adalah: postur yang diharapkan pada saat pembelajar lulus atau menyelesaikan seluruh proses pembelajaran dalam suatu program studi dengan kesesuaian jenjang KKNI.

Penetapan profil lulusan ini dimulai dengan menjawab pertanyaan: “Akan menjadi apa sajakah mahasiswa setelah lulus program studi ini? Program studi ini akan menghasilkan lulusan seperti apa? Peran apa yang dapat dilakukan oleh lulusan di masyarakat saat baru lulus?

NO

PROFIL LULUSAN

DESKRIPSI

1 PENDIDIK BIDANG EKONOMI Pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional, Pendidik yang memiliki kemampuan keilmuan bidang studi pendidikan ekonomi yang tinggi, serta mampu mengelola pembelajaran secara aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, inspiratif dan memotivasi.

Pendidik yang mampu:

a. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan tentang pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik dan model pembelajaran yang diaplikasikan dalam pembelajaran ekonomi;

b. Mengembangkan kurikulum ekonomi; merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi;

c.   Mengembangkan potensi peserta didik secara mendalam;

d. Menerapkan prinsip-prinsip dasar mengajar pada tiap jenjang dan satuan pendidikan (SMP, SMA dan SMK) yang dilandasi dengan nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia;

e. Bekerja sama dalam tim untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran;

f. Melakukan pendampingan kepada orang tua maupun peserta didik yang mengalami masalah pembelajaran;

g. Memiliki komitmen ketulusan, kesungguhan hati, kepribadian luhur dan karakter yang kuat sebagai pendidik.

2 PENELITI BIDANG PENDIDIKAN EKONOMI Peneliti yang mampu:

a. Menerapkan prinsip, hukum, dan teori dasar keilmuan ekonomi dan pendidikan dalam kehidupan sehari-hari;

b. Melakukan penelitian atau mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan penelitian atau karyanya.

 

3   EDUPRENEUR Wirausaha yang mampu:

a. Menguasai keilmuan dasar ekonomi dan kependidikan;

b.Memahami materi ilmu ekonomi dan pendidikan secara luas dan mendalam;

c. Berkomunikasi secara efektif dalam bahasa lisan dan tulisan;

d. Berwirausaha secara kreatif dan inovatif.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG

NO

PROFIL LULUSAN UNSUR CAPAIAN PEMBELAJARAN

MATERI POKOK/BAHASAN/ RUMPUN ILMU

 

1

 

PENDIDIK BIDANG PENDIDIKAN EKONOMI

 

SIKAP

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

2. Mempunyai komitmen ketulusan, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik.

3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.

4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisional orang lain.

6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakt dan bernegara.

8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.

9. Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

 

1.   Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU)

2.   Rumpun ilmu pendidikan

3.   Rumpun ekonomi

4.   Rumpun akuntansi

5.   Rumpun bisnis dan manajemen

 

PENGETAHUAN

1. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan tentang pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik dan model pembelajaran yang diaplikasikan dalam pembelajaran ekonomi

2. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.

3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran

4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara mendalam

5. Memahami materi ilmu ekonomi secara luas dan mendalam

6. Mengembangkan hubungan antara konsep dasar dan keilmuan dengan mata pelajaran

7. Mampu menerapkan prinsip, hukum dan teori dasar keilmuan dalam kehidupan sehari-hari

8. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar mengajar pada tiap jenjang dan satuan pendidikan (SMP, SMA dan SMK) yang dilandasi dengan nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia

9. Mampu melakukan penelitian atau mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan penelitian atau karyanya.

10. Memiliki kemampuan untuk melakukan pendampingan baik kepada orang tua maupun peserta didik yang mengalami masalah pembelajaran

11. Memiliki kepribadian luhur dan karakter yang kuat sebagai pendidik

KETERAMPILAN UMUM 1. Memiliki kemampuan untuk berwirausaha

2. Mampu berkomunikasi secara efektif dalam bahasa lisan dan tulisan, kreatif dan inovatif

3. Mampu menerapkan prinsip-prinsip mengajar pada tiap jenjang dan satuan pendidikan (SMP, SMA dan SMK) yang dilandasi dengan nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia

4. Mampu bekerja sama dalam tim untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran.

5. Mampu memecahkan masalah-masalah pendidikan yang ada di lapangan yang relevan dengan ilmu yang dipelajarinya.

6. Mampu memecahkan masalah-masalah  ekonomi yang ada di lapangan dengan ilmu pengetahuan yang dipelajarinya.

7. Mampu memecahkan masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat dengan ilmu pengetahuan yang dipelajarinya.

 

KETERAMPILAN KHUSUS

1. Mampu mengembangkan kurikulum ekonomi.

2. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi.

3. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler dengan pembelajaran siswa aktif yang memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks dan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu.

4.Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran.

5. Mampu melakukan evaluasi proses pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas (action research).

6. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi data dalam penyelengaaraan kelas, sekolah dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.

7. Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses dibidang pendidikan dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

8. Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji

9. Mampu merancang dan menggunakan berbagai  media pembelajaran

10. Mampu merancang dan mempraktikkan modul pembelajaran.

11. Mampu menyusun dan menyajikan laporan keuangan.

12. Mampu merancang proposal bisnis/ kewirausahaan.

13. Mampu menyusun anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (ADART) koperasi

14. Mampu menyusun proposal penelitian

2 Peneliti Pendidikan Ekonomi Sikap Bertakwa kepada Tuhan Yang maha esa dan mampu menunjukkan sikap religius MKWU
Rumpun ilmu pendidikan
Rumpun ekonomi
Rumpun re-search
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisional orang lain.
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakt dan bernegara
Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
Pengetahuan  Menguasai konsep teoritik penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas, penelitian quasi eksperimen dan penelitian pengembangan dalam bidang kependidikan
Mampu membuat kerangka pemikiran dalam rangka perumusan hipotesis penelitian
Menguasai jenis teknik pengumpulan data dan analisis data sesuai dengan jenis penelitian
Keterampilan Umum Menguasai berbagai jenis desain penelitian dalam bidang pendidikan dan ekonomi
Mampu mensimulasikan berbagai jenis desain penelitian dalam praktik penelitian pendidikan maupun ekonomi
 Menguasai dan melakukan prosedur pengembangan teknik pengumpulan data dan analisis data sesuai dengan jenis penelitian
Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya  berdasarkan kaidah, tatacara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir
Keterampilan Khusus Mampu menyusun proposal skripsi sesuai dengan topik yang dipilihnya secara individu
Mahasiswa mampu melakukan analisis data sesuai dengan topik yang dipilihnya
3 Edupreneur Sikap Bertakwa kepada Tuhan Yang maha esa dan mampu menunjukkan sikap religius MKWU
Rumpun bisnis dan manajemen
Rumpun
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisional orang lain.
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakt dan bernegara
Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
Pengetahuan   Menguasai keilmuan dasar ekonomi
Memahami materi ilmu ekonomi secara luas dan mendalam
Keterampilan Umum Memiliki kemampuan untuk berwirausaha
Keterampilan Khusus Memiliki kemampuan untuk berwirausaha dalam bidang jasa pendidikan dan latihan